ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA IMPLEMENTASI TEKNOLOGI CLOUD DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ARLIADINDA DANUSAPUTRO

Informasi Dasar

24.05.015
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Transformasi digital telah menjadi fokus utama bagi banyak perusahaan untuk memperkuat daya saing mereka di era digital. Salah satu teknologi yang telah diadopsi oleh banyak perusahaan adalah cloud computing. PT Telekomunikasi Selular Indonesia, sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, mengadopsi teknologi cloud dalam upaya untuk mempercepat transformasi digital, namun data performance service pada tahap awal implementasi cloud mengalami peningkatan gangguan layanan dan biaya penggunaan cloud melebihi dari design awal.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fenomena tersebut dengan menganalisis faktor-faktor penting yang menentukan keberhasilan transformasi digital dalam implementasi teknologi cloud di PT Telkomsel. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai manfaat yang dapat diperoleh, tantangan yang dihadapi, serta risiko yang terkait dalam proses transformasi ini.

Dalam penelitian ini, fenomena yang diteliti dieksplorasi melalui pendekatan studi kasus dengan menggunakan Teknik Analisis Data Creswell serta uji validasi Triangulasi yaitu teknik wawancara secara mendalam, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini merupakan narasumber internal dan eksternal yang ahli di bidangnya dan terlibat dalam proyek cloud ini. Selain melibatkan narasumber dari departemen IT, juga melibatkan narasumber dari departemen lain untuk melengkapi pemahaman mendalam dalam penelitian ini.

Model Critical Success Factors (CSF) cloud project oleh Corriea and Martens (2022) digunakan sebagai framework untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan sebuah proyek cloud. Hasil Analisis menunjukkan bahwa people, change management, contract, dan communication menjadi faktor yang menjadi perhatian dalam keberhasilan transformasi digital pada implementasi teknologi cloud di PT Telkomsel.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperoleh wawasan yang berharga untuk memperbaiki strategi dan pendekatan dalam implementasi cloud di masa yang akan datang. Selain itu, temuan penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumber pembelajaran bagi organisasi lain yang sedang atau akan melakukan transformasi digital dengan menggunakan teknologi cloud.

 

Kata kunci: transformasi digital, cloud computing, faktor-faktor penentu keberhasilan cloud project, manfaat cloud, tantangan cloud, resiko cloud

 

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
TRANSFORMASI,

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA IMPLEMENTASI TEKNOLOGI CLOUD DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARLIADINDA DANUSAPUTRO
Perorangan
Dodie Tricahyono, Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ELI1F3 - MANAJEMEN STRATEGI DAN EKOSISTEM BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini