ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN FIBER OPTIK DI RUSUN LOKBIN RAWA BUAYA MENGGUNAKAN SIMULATOR OPTISYSTEM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NARESWARI GAURI SYAVANI

Informasi Dasar

23.06.1127
621.369 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Proyek akhir ini menganalisis dan melakukan simulasi rancangan sistem kerja Fiber to The Building (FTTB) pada Rusun Lokbin Rawa Buaya. Parameter yang digunakan untuk menganalisis kelayakan sistem yaitu menggunakan Power Link Budget. Parameter dianalisis dengan melakukan perhitungan manual lalu hasilnya dibandingkan dengan hasil simulasi yang dilakukan menggunakan software OptiSystem.

Hasil dari perhitungan manual Power Link Budget menghasilkan nilai daya yang diterima di ONT dengan pengambilan sample data dari jarak ODP terdekat, menengah dan terjauh. Adapun hasil perhitungan manual untuk ODP jarak terdekat yaitu -18.104 dBm, untuk ODP jarak menengah -18.110 dBm dan untuk ODP dengan jarak terjauh yaitu -18.114 dBm. Sedangkan untuk hasil simulasi yang telah dilakukan di OptiSystem hasil ODP terjauh -19.777 dBm, ODP menengah -19.782 dBm dan ODP Terjauh -19.787 dBm.

Berdasarkan kedua hasil perhitungan tersebut hasil memenuhi standar sensivitas yang telah ditetapkan oleh ITU-T yaitu nilai daya yang diterima di ONT tidak melebihi -28 dBm, sehingga hasil perancangan dinyatakan layak untuk mentransmisikan data.

 

Kata Kunci: FTTB, GPON, Power Link Budget, Software OptiSystem

Subjek

Fiber optic communications
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN FIBER OPTIK DI RUSUN LOKBIN RAWA BUAYA MENGGUNAKAN SIMULATOR OPTISYSTEM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NARESWARI GAURI SYAVANI
Perorangan
Nurwan Reza Fachrur Rozi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi - Kampus Jakarta
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TV21C2 - Jaringan Telekomunikasi
  • TV31A2 - Perancangan Jaringan Akses Optik

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini