IP EDGE CACHING -

MUHAMMAD RAIHAN BASWARA

Informasi Dasar

38 kali
23.04.7702
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lalu lintas internet mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam dua dekade terakhir karena meningkatnya jumlah pengguna internet yang menuntut layanan berkualitas tinggi, meluasnya penggunaan media sosial dengan konten video, dan perkembangan website yang canggih dan interaktif. Karena pertumbuhan jaringan yang cepat, pengguna memiliki permintaan yang lebih tinggi untuk layanan baru dengan delay yang rendah, konsumsi daya kecil, dan keandalan yang tinggi, sehingga membuat arsitektur jaringan komunikasi sangat terpengaruh. Maka dari itu, permasalahan yang sering dihadapi pada website adalah kinerja yang kurang optimal dan meliputi waktu respon yang lambat, beban server yang berlebihan, skalabilitas yang terbatas, dan ketidakmampuan untuk menangani lalu lintas yang tinggi.

Dari latar belakang masalah yang sudah dijelaskan, penulis memilih Proxy Server sebagai sistem utama. Pada Proxy Server, caching yang dilakukan pada edge menggunakan Apache Traffic Server (ATS) sebagai metode yang dimana permintaan dari pengguna tidak perlu memakan waktu yang banyak untuk terhubung ke server asli dan ATS bekerja dengan cara menerima permintaan HTTP/HTTPS dari klien.

Dengan adanya solusi caching menggunakan metode ATS, penulis melakukan uji coba menggunakan pengujian pada website multimedia dan website video on demand dengan skenario beberapa jumlah user yang berjalan pada 2 protokol yaitu HTTP dan HTTPS. Pengujian yang dilakukan menggunakan parameter seperti Hit Ratio, Throughput, Delay, dan Round-Trip Time (RTT). Dari pengujian skenario 50 user pada website multimedia, No-Cache mendapatkan hasil throughput 0,96 MBps untuk HTTP, hasil throughput 0,56 MBps untuk HTTPS, dengan Cache mendapatkan hasil throughput 5,09 MBps untuk HTTP, hasil throughput 2,67 MBps untuk HTTPS. Dari pengujian skenario 2 user pada website VoD, No-Cache mendapatkan hasil throughput 0,4 MBps dan hasil RTT 7,36 s untuk HTTP, hasil throughput 0,54 MBps dan hasil RTT 5,08 s untuk HTTPS, dengan Cache mendapatkan hasil throughput 8 MBps dan hasil RTT 0,35 s untuk HTTP, hasil throughput 8,48 MBps dan hasil RTT 0,39 s untuk HTTPS. Dari data hasil, terjadi perbedaan yang sangat signifikan antara menggunakan ATS (Cache) untuk hasil throughput, Delay, dan RTT lebih bagus daripada tanpa menggunakan ATS (No-Cache).

Kata kunci : Internet, Proxy Server, Apache Traffic Server, Cache, HTTP/HTTPS

Subjek

Multimedia system - video / image
Multimedia - system,

Katalog

IP EDGE CACHING -
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAIHAN BASWARA
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4E3 - CYBER SECURITY
  • TTI2J3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI4C3 - SOFTWARE DEFINED NETWORK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini