PENGEMBANGAN SISTEM PRESENSI PRAKTIKUM PADA LABORATORIUM PRODI TEKNIK KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO TELKOM UNIVERSITY - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

MUHAMMAD FAKHRI ZAIN RIFQI

Informasi Dasar

23.04.7345
005.447 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Presensi kehadiran praktikan merupakan faktor penting bagi sebuah laboratorium untuk mencapai tujuan, karena berkaitan dengan kedisiplinan dan berdampak pada penilaian dari masing-masing praktikan. Untuk itu, perlu dilakukan pendataan khusus yang mencatat presensi kehadiran dan ketidakhadiran secara akurat dan real-time, sehingga aktivitas praktikum dapat terkelola dengan baik. Berdasarkan masalah tersebut, dirancanglah Sistem Presensi Praktikum berbasis website, sebuah media yang bertujuan untuk mempermudah proses presensi mahasiswa saat mengikuti praktikum. Sistem ini memanfaatkan teknologi website sebagai media untuk melakukan presensi.

Hasil dari pengujian awal telah memberikan respon yang positif dari para pengguna. Pengujian beta ditujukan untuk mengukur sejauh mana sistem atau produk yang dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Dalam pengujian ini, melibatkan partisipasi dari 40 mahasiswa. Sebanyak 38 mahasiswa memberikan respon terkait permasalahan praktikum manual dengan 87,5% di antaranya memberikan jawaban bahwa sistem presensi praktikum berbasis website dapat membantu mengurangi permasalahan presensi praktikum. Selain itu, pengujian beta menunjukkan bahwa terdapat nilai jumlah varian butir sebesar 5,064102564, nilai varian total mencapai 14,2333333, dan nilai R11 sebesar 0,715786945. Dengan demikian, sistem ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, mengindikasikan bahwa pengukuran presensi yang dilakukan secara konsisten dan dapat diandalkan.

Kata kunci : Kode QR, Praktikum, Sistem Presensi, Website

Subjek

WEB DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM PRESENSI PRAKTIKUM PADA LABORATORIUM PRODI TEKNIK KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO TELKOM UNIVERSITY - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xviii,102p,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAKHRI ZAIN RIFQI
Perorangan
Agus Virgono, Anggunmeka Luhur Prasasti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini