SISTEM INSTRUMENTASI IOT BERBASIS LOAD CELL UNTUK PEMANTAUAN KESETIMBANGAN BEBAN MUATAN DI KERETA API - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIFKAH NURJANAH HIDAYAT

Informasi Dasar

1 kali
23.04.7255
530.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Solusi pencegahan anjloknya Kereta Api yang diusulkan adalah Sistem Instrumentasi IoT Berbasis Load Cell. Sistem ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan dengan mengawasi ketidakseimbangan beban pada kereta api secara efisien. Ini memanfaatkan sensor Load Cell HM9B yang akurat untuk mengukur beban, data yang diperoleh diperkuat melalui amplifier, dan diubah menjadi data digital oleh Analog-to-Digital Converter (ADC). Mikrokontroler STM32F103C8 dan perangkat lunak Visual Studio digunakan untuk memproses dan memvisualisasikan data melalui antarmuka GUI.

Pengembangan juga mencakup aplikasi pemantauan berbasis web yang memungkinkan pemantauan beban dan keselamatan secara real-time, termasuk fitur pelacakan lokasi, waktu, dan perhitungan N1 dan N2 dalam analisis data. Pengujian sistem pada tiga sub-sistem utama, termasuk kalibrasi dan penguatan sinyal untuk pengukuran beban yang akurat, integrasi sistem pemantauan beban secara real-time, dan pengujian casing sensor Load Cell dalam kondisi cuaca ekstrem.

Hasil pengujian mengidentifikasi prestasi dan keterbatasan masing-masing sub-sistem, tetapi solusi ini memberikan dasar yang kuat untuk pemantauan dan pengukuran beban pada kereta api. Pengembangan selanjutnya diharapkan akan meningkatkan kinerja dan keandalan sistem ini dalam mendukung keselamatan dan efisiensi dalam operasi kereta api.

 

Kata kunci : kereta api, iot, Load Cell, pemantauan beban muatan, sistem instrumentasi, antarmuka pengguna berbasis grafis.

Subjek

INSTRUMENTATION
IOT NETWORKING TECHNOLOGY,

Katalog

SISTEM INSTRUMENTASI IOT BERBASIS LOAD CELL UNTUK PEMANTAUAN KESETIMBANGAN BEBAN MUATAN DI KERETA API - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFKAH NURJANAH HIDAYAT
Perorangan
Rahmat Awaludin Salam
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TFI4B3 - MIKROKONTROLER & IOT
  • TFI3H3 - TEKNIK INSTRUMENTASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini