SISTEM ANALISIS SINYAL EEG PADA PEMILIHAN KATA UNTUK PENILAIAN TERMINOLOGI ADIKSI DAN PENGGUNAAN NAPZA MELALUI PENDEKATAN MACHINE LEARNING DAN DEEP LEARNING - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

RAIYAN ADI WIBOWO

Informasi Dasar

3 kali
23.04.6960
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rasa ingin tahu remaja mengenai narkoba adalah fenomena yang kompleks dan harus ditangani dengan serius oleh masyarakat, keluarga, dan pihak-pihak terkait. Menurut survei Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Pusat Penelitian Data dan Informasi pada tahun 2021 dinyatakan bahwa jumlah populasi kelompok usia 15-64 tahun adalah sebanyak 187.513.456 jiwa dan diprediksi sebanyak 4.827.616 jiwa pernah menggunakan Narkoba. Sebanyak 3.662.646 jiwa menggunakannya selama satu tahun penuh. Proporsi terbesar adalah pada kelompok remaja dengan usia 15-19 tahun. Dengan jumlah total 16,8% untuk remaja laki-laki dan 12,2% untuk remaja perempuan. Dari data yang diperoleh kelompok remaja dengan usia 15-19 tahun berisiko terpapar bahaya narkoba. Tugas akhir ini bertujuan untuk memahami penggunaan terminologi adiksi dan narkotika pada pemilihan kata oleh remaja SMA/SMK menggunakan metode Go No Go Association Task (GNAT). Metode GNAT bekerja dengan meminta responden untuk memilih kata-kata target yang muncul sesuai instruksi yang diberikan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan program studi S1 Psikologi dari Universitas Islam Bandung. Data sinyal EEG dan energi otak responden dianalisis menggunakan pendekatan machine learning dan deep learning. Hasil analisis yang telah didapatkan selanjutnya dilakukan validasi dengan hasil analisis yang dilakukan oleh tim S1 Psikologi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini berpotensi untuk memberikan pemahaman terhadap terminologi adiksi pada remaja. Dengan adanya pemahaman terhadap terminologi adiksi pada kalangan remaja diharapkan dapat memberikan kontribusi pada kampanye anti narkoba. Data yang diperoleh dari penelitian ini dapat diteliti lebih lanjut melalui ilmu psikologi dan teknik.

Kata kunci : EEG, GNAT, Narkoba, Neuropsikologi, Psikologi

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

SISTEM ANALISIS SINYAL EEG PADA PEMILIHAN KATA UNTUK PENILAIAN TERMINOLOGI ADIKSI DAN PENGGUNAAN NAPZA MELALUI PENDEKATAN MACHINE LEARNING DAN DEEP LEARNING - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xv,71p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAIYAN ADI WIBOWO
Perorangan
Inung Wijayanto, Sofia Saidah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini