Perancangan Website Pencarian Lowongan Pekerjaan Berbasis Beautifulsoup dan Natural Language Processing - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

MUHAMMAD ARLEN YUSUF

Informasi Dasar

23.04.6276
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era saat ini, masih banyak warga Indonesia yang belum mendapatkan pekerjaan. menurut data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa per Februari 2022, tingkat pengangguran Indonesia tercatat sebesar 8,4 juta jiwa, yang merupakan 5,83% dari total angkatan kerja sebesar 144,04 juta orang. Mencari lowongan pekerjaan secara digital telah menjadi hal umum pada zaman sekarang. Banyak perusahaan menyediakan lowongan pekerjaan melalui website mereka, seperti Karir.com dan Linkedin. Jumlah lowongan pekerjaan yang diposting mencapai ribuan, bahkan puluhan ribu, menimbulkan kesulitan bagi pelamar untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasinya. Karena itu kami mengembangkan sebuah website yang berbasis beautifulsoup dan Natural Language Processing, dimana website ini akan memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin mencari pekerjaan dengan hanya memasukkan skill, dan keahlian yang nantinya akan muncul lowongan pekerjaan dari beberapa sumber lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill dan keahlian pengguna. Website yang dibuat dapat memuat lowongan pekerjaan dari beberapa sumber dengan menggunakan beautifulsoup dan selenium sebagai komponennya untuk scraping data, sehingga dapat memudahkan pengguna mencari pekerjaan yang diinginkan dan sesuai keahlian dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP), untuk mencocokkan skill pelamar dengan persyaratan pekerjaan dan juga berfungsi untuk menyaring kata-kata dalam persyaratan pekerjaan dan mengubahnya menjadi dataset Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian accuracy website berhasil, dengan data yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam form website berhasil masuk ke dalam database dengan persentase 100% tanpa perbedaan. Proses web crawling menghasilkan data yang berhasil masuk ke dalam website tanpa masalah. Proses skoring pada NLP juga menunjukkan tingkat keakuratan yang baik dalam menilai kesesuaian skill pengguna. Efficiency dalam proses web crawling menggunakan library beautifulsoup membutuhkan waktu 34 detik, dan library selenium membutuhkan waktu 1 menit 31 detik. Kecepatan proses muat website dari login hingga deskripsi pekerjaan membutuhkan waktu 14 detik. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari keseluruhan melebihi target yang ditetapkan.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Perancangan Website Pencarian Lowongan Pekerjaan Berbasis Beautifulsoup dan Natural Language Processing - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARLEN YUSUF
Perorangan
Kris Sujatmoko, Iwan Iwut Tritoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini