SMART CAMERA LOBSTER: APLIKASI MONITORING DAN PENGHITUNG JUMLAH LOBSTER BERBASIS REAL-TIME PADA TAMBAK ARUNA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

GHANES MAHESA ADITYA

Informasi Dasar

23.04.6113
006.37
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan sumber daya laut yang melimpah. Aruna menjadi salah satu perusahaan teknologi yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan serta ditunjuk untuk mengelola sumber daya laut Indonesia. Diantara semua sumber daya laut yang ada, lobster menjadi salah satu nilai unggul yang dimiliki Indonesia dari pada negara lain. Namun, dalam menangani lobster, Aruna masih terkendala dalam hal pengawasannya. Hingga saat ini, proses pengecekan jumlah lobster oleh tim lapangan Aruna masih dilakukan secara manual, diantaranya dengan cara menyelam dan menghitungnya secara langsung. Hal ini sangatlah tidak efektif dan efisien dikarenakan menghitung lobster satu per satu dengan cara menyelam sehingga membutuhkan biaya dan waktu yang lebih, selain itu pengecekan jumlah lobster juga tidak kontinyu setiap saat. Tugas Akhir ini mengusulkan Smart Camera Lobster (SCL) berupa implementasi objectdetection dan object-counting yang dapat menghitung jumlah lobster secara real-time dan kontinyu dengan kamera bawah laut. Metode-metode yang digunakan pada image enhancement menggunakan deep learning and image formation model dengan meningkatkan kejelasan, menajamkan gambar, dan hasilnya meningkatkan mAP.5-.95 pada pendeteksian, untuk metode object detection, dan object counting adalah YOLOv7 dengan mengurangi jumlah parameter dan menambahkan average precision, dan untuk metode object tracking menggunakan StrongSORT dengan memiliki keunggulan feature matching dan Kalman Filter untuk menangani oklusi dan memperkirakan posisi objek target meskipun sebagian tertutup. Performa yang dihasilkan SCL sangat memuaskan melalui perangkat komputer dengan GPU Nvidia GTX 1650 TI pada bagian image enhancement dan YOLOv7-nya. Model terbaik yang telah di-training menghasilkan mAP0.5 sebesar 0.942, mAP.5-95 0.461, memiliki FPS dengan rata-rata sebesar 5 frame per detik dan model tersebut yang digunakan dalam sistem SCL. Pengimplementasian ini akan sangat bermanfaat bagi Aruna sebagai mitra pengguna untuk menentukan jumlah lobster secara otomatis sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

SMART CAMERA LOBSTER: APLIKASI MONITORING DAN PENGHITUNG JUMLAH LOBSTER BERBASIS REAL-TIME PADA TAMBAK ARUNA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHANES MAHESA ADITYA
Perorangan
Ledya Novamizanti, Fityanul Akhyar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4I3 - AI DAN BIG DATA ANALYSIS
  • TTI4V3 - PENGOLAHAN SINYAL MULTIMEDIA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini