ANALISA EFISIENSI SPEKTRAL PADA WILAYAH 3T DALAM RANGKA OPTIMASI BANDWIDTH FREKUENSI

ARDAFFA SURYA HANANTO

Informasi Dasar

23.04.6030
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan teknologi seluler saat ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Meningkatnya penggunaan koneksi seluler, terbatasnya frekuensi serta luasnya wilayah Indonesia dengan berbagai pulau menjadi tantangan tersendiri untuk menghadirkan layanan telekomunikasi, khususnya di wilayah 3T (daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) Jaringan di wilayah 3T hanya dapat menggunakan frekuensi 900MHz dengan bandwidth hanya 10MHz. Dengan keterbatasan bandwidth, salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas jaringan adalah dengan meningkatkan spektral efisiensi dan optimasi bandwidth frekuensi pada site-site di wilayah 3T. Dalam pembuatan tugas akhir ini, penelitian akan melakukan analisa spektral efisiensi di site 3T (wilayah NTT ) dengan menggunakan jaringan LTE pada frekuensi 900MHz dengan bandwidth 5MHz, serta menemukan root cause dari peningkatan dan penurunan spektral efisiensi.

Wilayah yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah 9 wilayah dengan efisiensi terendah yang berada di Nusa Tenggara Timur. Wilayah tersebut meliputi: Bioba Baru, Arus Compang Mekar, Nataute, Luku Wingir, Ledeke, Embuzozo, Mehang Mata dan Perak.

Dari hasil analisite 9 site tersebut terdapat 2 paramter yang berpengaruh terhadap penurunan efisiensi spektral yaitu (1) perubahan skema modulasi yang digunakan (16QAM menjadi QPSK), dan (2) menurunnya power transmit yang digunakan.

 

 

Subjek

Mobile telecommunication - cellular radio
 

Katalog

ANALISA EFISIENSI SPEKTRAL PADA WILAYAH 3T DALAM RANGKA OPTIMASI BANDWIDTH FREKUENSI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDAFFA SURYA HANANTO
Perorangan
Linda Meylani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini