PENGARUH ADOPSI TEKNOLOGI DIGITAL DAN VALUE CREATION TERHADAP SME PERFORMANCE PADA UMKM CAFE DI KOTA BANDUNG

MUHAMMAD FIKRI NAJIB

Informasi Dasar

23.04.5969
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

BSTRAK

Tranformasi bisnis digital merupakan strategi bisnis yang efektif dan juga mendapat perhatian karena perusahaan tertantang untuk terus meningkatkan praktik dan kemampuan bisnis mereka. Penggunaan teknologi digital dapat mengurangi pengaruh krisis eksternal dan dapat membuat perubahan besar dalam sebuah operasi bisnis dengan menerapkan bisnis yang baik dan sesuai prosedur. Selain itu, teknologi digital dapat mempengaruhi keberlanjutan nilai ekonomi dan sosial perusahaan serta dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi di suatu daerah. Ada beberapa studi tentang teknologi dapat memberdayakan perusahaan pada fase pertumbuhan dan keberlanjutan yang berbeda; lebih jauh lagi, sangat sedikit penelitian yang tersedia yang menentukan bagaimana mengadopsi teknologi digital yang modern agar menciptakan nilai bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan dukungan teori Resource-Based View (RBV) dan Dynamic Capability View (DCV), serta tinjauan literatur, model teoritis yang telah dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, proses pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling non probability sampling. Teknik non probability yang di gunakan yaitu purposive sampling adalah teknik pemilihan sampel dilakukan dengan pemahaman bahwa informasi yang diperlukan dapat dimiliki melalui sampel tertentu yang memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu karyawan UMKM Cafe?. Serta penelitian ini di validasi menggunakan Teknik PLS- SEM dengan mempertimbangkan 297 responden yang merupakan karyawan UMKM Cafe? di Kota Bandung.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyabarkan kuesioner menggunakan google form dan SPSS 25.0 sebagai alat uji validitas dan reliabilitas serta hasil data diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adopsi teknologi digital dan value creation terhadap SME Performance pada UMKM cafe? di Kota Bandung.

Temuan menunjukkan bahwa mengadopsi teknologi digital memiliki beberapa dampak signifikan terhadap penciptaan nilai ekonomi dan nilai sosial bagi UMKM. Studi ini juga menemukan bahwa nilai sosial memiliki peran dan signifikan yang lebih baik dibandingkan nilai ekonomi.

Kata Kunci : teknologi digital; kewirausahaan; nilai ekonomi dan sosial; Kinerja UMKM

Subjek

UMKM
 

Katalog

PENGARUH ADOPSI TEKNOLOGI DIGITAL DAN VALUE CREATION TERHADAP SME PERFORMANCE PADA UMKM CAFE DI KOTA BANDUNG
 
xiv,94.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FIKRI NAJIB
Perorangan
Mediany Kriseka Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0F4 - EKONOMI
  • EBI4D3 - EKONOMI DIGITAL
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • SM791044 - SMALL BUSINESS MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini