DIGITAL CREDENTIAL DENGAN QR CODE UNTUK SERTIFIKAT MENGGUNAKAN BLOCKCHAIN - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

MUHAMAD FAUZAN ANSHORI

Informasi Dasar

23.04.5913
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era digital, prevalensi penipuan identitas dan pemalsuan data, terutama dalam sertifikat, telah menjadi perhatian mendesak. Untuk mengatasi masalah ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem kredensial digital yang memanfaatkan teknologi blockchain, memastikan integritas sertifikat dan memberikan kredensial yang dapat dipercaya kepada publik.

Sistem ini mencakup platform verifikasi sertifikat berbasis web, sistem deteksi berbasis kode QR, jaringan blockchain menggunakan Hyperledger Fabric, dan integrasi dengan server. Studi ini mengadopsi pendekatan metode campuran, menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif mengevaluasi kinerja server dan kinerja blockchain yang dikembangkan, sedangkan metode kualitatif menilai kualitas web aplikasi dan layanan sistem. Pendekatan holistik ini bertujuan untuk mencapai pemahaman yang komprehensif tentang kinerja dan kualitas sistem dalam berbagai kondisi pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini secara efisien mengatasi beban kerja yang besar dan mempertahankan tingkat keberhasilan yang tinggi. Melalui proses otentikasi dan verifikasi pengguna, sistem ini memastikan validasi yang dapat diandalkan baik untuk pengguna maupun sertifikat. Sistem kredensial digital ini menawarkan solusi yang aman dan efisien untuk mengelola sertifikat dan memverifikasi keaslian mereka, dengan potensi implikasi dalam pendidikan, sertifikasi, dan pengembangan tenaga kerja. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi pada kemajuan sistem kredensial digital, meningkatkan proses verifikasi sertifikat di berbagai sektor.

Kata kunci : Blockchain, Sertifikat, Verifikasi, QR Code, Hyperledger Fabric.

Subjek

KEAMANAN DATA
 

Katalog

DIGITAL CREDENTIAL DENGAN QR CODE UNTUK SERTIFIKAT MENGGUNAKAN BLOCKCHAIN - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xiv, 59p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FAUZAN ANSHORI
Perorangan
Yudha Purwanto, Muhammad Faris Ruriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TKI2C2 - DESAIN BASIS DATA
  • TKI3D3 - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER
  • TKI2D3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini