Metode Numerik Edisi Revisi Ketiga

Rinaldi Munir

Informasi Dasar

09101.604
004.015 1
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Persoalan yang melibatkan model matematika banyak muncul dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti dalam bidang fisika, kimia, ekonomi, atau pada persoalan rekayasa (engineering), seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Elektro, dan sebagainya. Seringkali model matematika tersebut muncul dalam bentuk yang tidak ideal alias rumit. Model matematika yang rumit ini adakalanya tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik atau metode penyelesaian model matematika dengan rumus-rumus aljabar yang sudah lazim (baku) untuk mendapatkan solusi sejatinya (exact solution).

Bila metode analitik tidak dapat lagi diterapkan, maka solusi persoalan sebenarnya masih dapat dicari dengan menggunakan metode numerik. Metode numerik adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika sehingga dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan/aritmetika biasa (tambah, kurang, kali, dan bagi).

Dengan metode numerik kita dapat menemukan solusi persoalan yang selalu dalam bentuk angka. Angka yang dihasilkan sebagai solusi ini pada hakikatnya tidak dalam bentuk solusi sejati atau yang sebenarnya, tetapi dalam bentuk solusi pendekatan atau solusi hampiran (approximation), namun solusi hampiran ini dapat dibuat seteliti mungkin sesuai dengan yang kita inginkan.

Di dalam buku ini juga disertakan banyak contoh penggunaan program komputer untuk menyelesaikan persoalan dengan metode numerik, karena perhitungan dengan tangan biasanya pekerjaan yang menjemukan dan melelahkan mengingat volume perhitungan dalam metode numerik umumnya sangat besar.

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
computer mathematical

Katalog

Metode Numerik Edisi Revisi Ketiga
978-602-8758-08-6
xii , 419p : il ,; 24cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Rinaldi Munir
Perorangan
 
 

Penerbit

Informatika Bandung
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

  • TFH2B3 - ANALISIS NUMERIK
  • CNH2B4 - KOMPUTASI NUMERIK
  • TKI2F3 - METODE NUMERIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini