PENINGKATAN PH AIR HUJAN DI STORAGE RAIN WATER HARVESTING MENJADI AIR SIAP PAKAI - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

RIFAD ARITZ WARDHANA

Informasi Dasar

48 kali
23.04.5346
333.794
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan bagi semua makhluk hidup, manusia, hewan, dan tumbuhan. Air sudah menjadi kebutuhan primer yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari seperti minum, mandi, memasak, sampai kebutuhan industrial. Oleh sebab itu, air harus tetap ada agar kehidupan dapat terus berkelanjutan. Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang terbilang cukup tinggi. Rata-rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun. Potensi air hujan yang begitu besar belum termanfaatkan dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan terkait sulitnya air pada saat musim kemarau di Indonesia. Ketika musim kemarau tiba, akan terjadi kekeringan, sedangkan pada musim penghujan sering terjadi banjir  Air hujan dapat menjadi sumber air yang menyegarkan dan aman untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari.

Air hujan tidak dapat langsung digunakan  , kadar pH air hujan ideal menurut BMKG yang masuk ke dalam toren penyimpanan air cenderung mencapai 5,6 - 6. Dengan pH air 5,6 – 6, Air tersebut belum layak pakai untuk kegiatan manusia untuk sehari – hari. Air yang berada dalam tempat penyimpanan air dengan pH 5,6 - 6 kemudian diproses dengan sistem elektrolisis. Sistem elektrolisis merupakan sebuah reaksi dekomposisi dalam suatu larutan elektrolit oleh arus listrik. Air yang sudah diolah akan berubah pH nya menjadi pH 7 yang layak untuk digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Hasil penelitian Rain Water Harvesting ini adalah Air hujan dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari setelah dilakukan proses elektrolisis dan dapat mengurangi potensi banjir, daya yang digunakan yaitu menggunakan panel surya sebagai alternatif pengganti energi listrik dan juga berguna untuk menghemat penggunaan energi listrik karena menggunakan energi dari matahari, kondisi air dapat dengan mudah dipantau oleh pengguna karena terdapat sistem monitoring pH dan kekeruhan air yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengecek kadar pH air dan kekeruhan air secara berkala.

 

Kata kunci : Air Hujan, Kadar pH, Elektrolisis, Panel Surya.

Subjek

RENEWABLE AND GREEN ENERGY
 

Katalog

PENINGKATAN PH AIR HUJAN DI STORAGE RAIN WATER HARVESTING MENJADI AIR SIAP PAKAI - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xviii, 63p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFAD ARITZ WARDHANA
Perorangan
Ekki Kurniawan, Erna Sri Sugesti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI1E3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • FEH2G4 - ELEKTRONIKA
  • TEI4F3 - JARINGAN LISTRIK PINTAR BERBASIS ENERGI TERBARUKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini