ANALISIS SECURITY MITIGATION TERHADAP WEBSITE AKADEMIK PENUNJANG PENGAJARAN DI INSTITUSI XYZ MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)

MUHAMMAD HANAFI MU'AMAR A

Informasi Dasar

48 kali
23.04.5081
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi berkembang pesat seiring pertumbuhan penggunanya. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk website sudah banyak digunakan oleh berbagai macam pihak. Universitas XYZ merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan website untuk keperluan akademik, kegiatan belajar mengajar dan berbagai macam kebutuhan entitas internalnya. Salah satu website yang digunakan oleh Universitas XYZ bertujuan untuk mengakomodasi bukti pembayaran kegiatan praktikum bagi praktikan untuk mengambil sertifikasi di Fakultas XYZ. Seiring perkembangan teknologi selain banyaknya manfaat yang dirasakan, terdapat peningkatan serangan keamanan dengan berbagai macam teknik ancaman terhadap website oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk merugikan pemilik dan pengguna website. Oleh karena itu, diperlukan pengujian kerentanan untuk mengetahui celah keamanan pada website fakultas XYZ menggunakan metode PTES. Pada pengujian ini menggunakan beberapa tools, yaitu SQLMap, Bupsuite, jSQL Injection, dan Havij. Celah keamanan pada website dilakukan analisis untuk menentukan tahapan mitigasi. Hasil analisis dari pengujian kemanan pada website akademik penunjang pengajaran Institusi XYZ menggunakan metode SQL Injection menunjukan bahwa dari empat tools yang digunakan menunjukkan hasil penyerangan tidak ditemukan parameter celah kerentanan pada website tersebut yang berarti tidak adanya manipulasi data yang terjadi melalui penyerangan dengan metode SQL Injection. Kelanjutan dari penelitian dapat memilih tools yang beragam, akurat, dan luas untuk mengidentifikasi kerentanan keamanan dan menggunakan metode yang berbeda agar hasil penelitian lebih bervariasi. Selain itu, lakukan pemeliharaan rutin pada website untuk meminimalisir celah keamanan.


Kata kunci – Eksploitasi, Kerentanan, PTES, Mitigasi

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

ANALISIS SECURITY MITIGATION TERHADAP WEBSITE AKADEMIK PENUNJANG PENGAJARAN DI INSTITUSI XYZ MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)
 
xv, 66p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HANAFI MU'AMAR A
Perorangan
Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto, Adityas Widjajarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ISI3G4 - KEAMANAN SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini