Analisa Power Link Budget Pada Jaringan Fiber To The Home Dengan Teknologi GPON Studi Kasus Mulia Residence One

GENTA RISKY PUTRA WISNU

Informasi Dasar

34 kali
23.06.624
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penggunaan kabel tembaga dianggap kurang efisien dalam kondisi pengetahuan dan teknologi saat ini untuk mendukung kecepatan tinggi dan kapasitas bandwidth yang besar. Serat optik merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan dalam media transmisi untuk menggantikan jalur tembaga.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan simulasi perancangan jaringan di software optisystem dengan hasil perhitungan power link budget. Link Power Budget digunakan untuk mendapatkan besaran dari redaman. Standar besaran redaman yang digunakan adalah standar besaran redaman dari PT. Eka Mas Republik yang memiliki standar besaran redaman sebesar -28 dBm.

Hasil pengujian jaringan FTTH yang dilakukan dengan cara simulasi menggunakan software optisystem diperoleh redaman downlink sebesar -22,179 dBm untuk ODP dengan jarak terjauh dari OLT. Selanjutnya pengujian jaringan FTTH dilakukan dengan cara perhitungan power link budget, diperoleh redaman sebesar -24,465 dBm untuk ODP dengan jarak terjauh dari OLT. Hasil perhitungan dan simulasi menunjukkan bahwa perancangan telah memenuhi dan sesuai standar besaran redaman dari PT. Eka Mas Republik sehingga jaringan yang diusulkan dapat diimplementasikan.

Kata kunci: Link Power Budget, FTTH, Optisystem, Bandwidth

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

Analisa Power Link Budget Pada Jaringan Fiber To The Home Dengan Teknologi GPON Studi Kasus Mulia Residence One
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GENTA RISKY PUTRA WISNU
Perorangan
Nurwan Reza Fachrur Rozi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi - Kampus Jakarta
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini