PERANCANGAN MESIN OVEN DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING UNTUK MENGEFISIENKAN WAKTU PROSES PENGERINGAN KERIPIK KENTANG DI PABRIK KERIPIK KENTANG BBC

M. FAHMI SALIM

Informasi Dasar

126 kali
23.04.4265
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada proses pengolahan bahan baku kentang di Pabrik Keripik Kentang BBC, terdapat 12 tahapan yang harus dilakukan sebelum produk keripik kentang dapat dipasarkan. Tahapan pengeringan merupakan tahapan yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Tahapan pengeringan menggunakan 2 cara, yaitu penjemuran selama 1-2 hari atau penggunaan mesin oven selama 6 jam. Pemilihan cara terebut dipengaruhi oleh cuaca daerah setempat. Apabila cuaca sedang mendung maka proses pengeringan dilakukan menggunakan mesin oven. Sedangkan jika cuaca tidak mendung, proses penjemuran dilakukan dengan cara menjemur irisan kentang di Green House. Proses penjemuran dan mesin oven eksisting masih memiliki kendala, seperti postur tubuh pekerja tidak baik dan mesin tidak bekerja optimal yang dipengaruhi kapasitas tray penampung irisan kentang yang sedikit dan sirkulasi panas yang tidak merata. Kekurangan tersebut berpengaruh terhadap hasil produksi dan kesehatan pekerja.

Perancangan menggunakan metode reverse engineering dilakukan untuk menghasilkan rancangan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mengacu pada mesin eksisting.   Selain berfokus pada perancangan mesin oven usulan, dilakukan perhitungan nilai REBA  saat pekerja melakukan proses penjemuran dan saat menggunakan mesin usulan.

Hasil rancangan merupakan mesin oven usulan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu kapasitas penampung yang lebih besar, pemilihan ukuran blower, pemilihan alternatif bahan bakar, serta mekanisme yang mudah dalam input dan output irisan kentang.   Selain itu juga dilakukan perhitungan nilai REBA mesin usulan untuk dibandingkan dengan kondisi eksisting. Hasil perhitungan menunjukkan jika penggunaan mesin oven usulan dapat mengurangi resiko terkena penyakit musculoskeletal disorder  (MSDs). Peningkatan efisiensi juga terjadi saat dilakukan analisis efisiensi waktu penggunaan mesin oven usulan. Peningkatan yang terjadi ialah sebesar 82.4%. Hal tersebut dipengaruhi oleh kapasitas produksi yang jauh lebih besar dari mesin eksisting.

Hasil rancangan mesin oven usulan diharapkan dapat membantu Pabrik Keripik Kentang BBC dalam mengatasi kendala yang ada dengan membantu pekerja dalam proses produksi.

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN MESIN OVEN DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING UNTUK MENGEFISIENKAN WAKTU PROSES PENGERINGAN KERIPIK KENTANG DI PABRIK KERIPIK KENTANG BBC
 
xi, 70p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. FAHMI SALIM
Perorangan
Ilma Mufidah, Yusuf Nugroho Doyo Yekti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini