Si Pamutung

Daniel Perret Dan Heddy Surachman

Informasi Dasar

40 kali
23.01.1073
722.4
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
23

SEJAK satu setengah abad lalu, kompleks arkeologis Padang Lawas di Provinsi Sumatra Utara telah dikaitkan dengan sejumlah peninggalan Hindu-Buddha. Meski terisolasi di pedalaman—hingga sekarang—peninggalan-peninggalan arkeologisnya merupakan yang terbesar di paruh utara Sumatra.

Buku ini memberi sumbangan pengetahuan terbaru mengenai sejarah kuno Padang Lawas—dengan fokus Si Pamutung—berdasarkan hasil penelitian arkeologis Prancis- Indonesia pada 2006 hingga 2010 oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia bersama École française d’Extrême-Orient (Pusat Penelitian Prancis untuk Timur Jauh). Dengan luas sekitar 80 hektare, situs Si Pamutung terletak di muara Sungai Barumun dan Batang Pane. Boleh dikatakan, penelitian bersama Prancis-Indonesia itu merupakan studi arkeologis sistematis pertama tentang sebuah situs permukiman kuno di pedalaman Pulau Sumatra.

Terdapat tiga kelompok kajian utama dalam buku ini. Pertama, unsur-unsur yang terlihat langsung, seperti lingkungan alamiah dan peninggalan Hindu-Buddha dari batu bata dan batu. Kedua, hasil-hasil survei dan penggalian berupa survei GPR (ground-penetrating radar); studi tentang struktur, fitur, dan stratigrafi dengan laporan terperinci hasil ekskavasi di 28 sektor dengan luas lebih dari 1.000 m²; studi atas sekitar 13.000 pecahan keramik Cina yang zamannya kemudian ditentukan dengan cukup terperinci sehingga dapat menggambarkan perkembangan permukiman di Si Pamutung. Ketiga, katalog lengkap berbagai jenis artefak yang ditemukan. Lebih dari seribu temuan digambarkan, termasuk tembikar, keramik Cina, kaca, logam, perkakas dari batu, dan sisa fauna. Katalog ini juga dilengkapi dengan analisis laboratorium atas sampel tembikar dan sampel kaca.

Tak dapat disangkal, buku ini membawa sejumlah perspektif baru tentang situs Si Pamutung yang berciri proto-urban di utara Pulau Sumatra antara pertengahan abad ke-9 hingga abad ke-13 Masehi.

Subjek

ANCIENT SOUTH AND SHOUTEAST
 

Katalog

Si Pamutung
9786024819507
517p.: ill.; 26 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Daniel Perret Dan Heddy Surachman
Perorangan
 
 

Penerbit

Kepustakaan Populer Gramedia
Jakarta
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini