Islam, Pancasila, dan Geliat Demokrasi di Indonesia

M Alfan Alfian

Informasi Dasar

40 kali
23.01.1048
323.6
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
7b

ERA REFORMASI di Indonesia yang telah berjalan lebih dari dua dekade sejak 1948, telah menggambarkan dinamika kontestasi politik populis hingar-bingar di tengah demokrasi yang menggeliat. Buku ini memuat ragam tulisan yang memotret dinamika kepolitikan umat Islam, yang bergumul di antara kekuatan-kekuatan politik yang saling bersaing dan bersanding; dipenuhi ragam kepuasan, pun kekecewaan. Partai-partai politik yang bergulat di legislatif dan pemerintahan, seringkali tidak sejalan dengan arus pendapat aneka kelompok kepentingan. Hadirnya kelompok-kelompok penekan yang vokal di ranah yang penuh jargon dan simbol, menambah ramainya kepolitikan tanah air. Di tengah kondisi demikian, muncul kembali isu kontraproduktif dan ahistoris Islam versus Pancasila. Wajah kepolitikan Indonesia pun tak luput dari resultan kontestasi populis, menguatnya politik identitas, hingga tajamnya polarisasi di jagat digital. Demokrasi akan terus menggeliat, disesaki ragam isu kontestatif. Itu semua, akan terus menjadi bahan pengamatan, bagaimana demokrasi menggeliat di negara berpenduduk Muslim terbesar.

Islam, Pancasila, dan Geliat Demokrasi di Indonesia karya M. Alfan Alfian ini memberikan secercah pencerahan agar Pancasila dan Islam tidak terus-menerus diposisikan secara diametral. Pendekatan penulisan yang sociological-oriented (bukan normatif-oriented) sangat relevan untuk generasi saat ini.

Diberi pengantar memikat oleh Fachry All, buku ini mengulas isu-isu keislaman dan keindonesiaan, termasuk ragam tokoh pemberi warna khasanah bangsa.

Subjek

CITIZENSHIP
 

Katalog

Islam, Pancasila, dan Geliat Demokrasi di Indonesia
9786020967523
292 p.: ill.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

M Alfan Alfian
Perorangan
 
 

Penerbit

Penjuru Ilmu
Jawa Barat
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini