Sejarah Islam di Nusantara: Proses Penyiaran, Pemikiran, dan Keberagamaan dalam Pembangunan

Ridwan Lubis

Informasi Dasar

51 kali
23.01.1030
297.09
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6a

Penyiaran Islam ke Nusantara tidak memiliki catatan historis yang memadai, kecuali asumsi dari para ahli . Adanya kesepakatan terhadap pemahaman proses islamisasi di Indonesia menjadi dasar dalam memahami konstruksi pemikiran keislaman di Nusantara, dengan terjadinya pemilahan orientasi pemikiran keislaman antara tradisi dan modern. Penelusuran terhadap pemikiran klasik tersebut diperlukan sebagai bahan untuk memahami perkembangan keislaman di Indonesia pada masa kini serta prospeknya pada masa yang akan datang. Salah satu persoalan yang rumit dalam mengkaji gerakan politik kebangsaan di Indonesia adalah pilihan terhadap orientasi pemikiran politik yang berorientasi pada pemikiran nasionalis-religius dan religius-nasionalis.

Pada akhir abad 18 dan awal abad 19, berkembang wacana pemikiran keislaman di Nusantara yang mengacu kepada dua corak, yaitu pemikiran yang berkembang dari Tanah Hijaz; sejalan dengan munculnya gerakan Wahabisme dan gerakan yang muncul dari Mesir, yaitu pembaruan pemikiran keislaman. Corak keberagamaan dari Hijaz berangkat dari gagasan konsep puritanisme terhadap pemahaman dan pengamalan akidah dan ibadah yang bertujuan untuk menghindarkan umat Islam dari terjerumus dalam praktik syirk.

Ditulis oleh Prof. Dr. H. M. Ridwan Lubis, buku Sejarah Islam di Nusantara: Proses Penyiaran, Pemikiran, dan Keberagamaan dalam Pembangunan berupaya mengupas berbagai perdebatan teori mengenai penyiaran Islam ke Nusantara, pembaruan-pembaruan dalam pemikiran Islam, perkembangan keberagamaan di Indonesia, hingga relasi agama dan pembangunan.

Subjek

HISTORY OF ISLAM
 

Katalog

Sejarah Islam di Nusantara: Proses Penyiaran, Pemikiran, dan Keberagamaan dalam Pembangunan
9786230049286
496p.: ill.; 21 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Ridwan Lubis
Perorangan
 
 

Penerbit

Elex Media Komputindo
Jakarta
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini