Pendidikan Pancasila Berbasis Kebinekaan Indonesia

Aim Abdulkarim, et al.

Informasi Dasar

73 kali
23.01.902
372.83
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
9b

Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi merupakan mata kuliah wajib yang sangat penting untuk dibelajarkan pada mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkokoh jiwa kebangsaan mahasiswa sehingga menjadi dorongan pokok (leitmotive) dan bintang penunjuk jalan (leitstar) bagi calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa dalam berbagai bidang dan tingkatan, yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya dalam. kehidupan sehari-hari.

Buku Pendidikan Pancasila Berbasis Kebhinekaan Indonesia untuk Perguruan Tinggi ini merupakan model buku Pendidikan Pancasila berbasis nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dengan pendanaan dari Kementerian Riset dan Teknologi. Buku ini memiliki kekhasan dibandingkan buku sejenisnya karena berbasis nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika sehingga mengajak pembaca untuk memahami materi Pancasila dalam kehidupan nyata di negara Indonesia yang majemuk. Pemahaman ini dilakukan melalui berpikir kritis dan pemecahan masalah terkait isu-isu keberagaman SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dan mengembangkan kesadaran tentang nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam praktik kehidupan sehari-hari berdasarkan Pancasila.

Buku ini dikemas ke dalam tujuh bab yang meliputi materi Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai sistem filsafat dan sistem etika, serta Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Setiap bab secara konsisten disusun dalam sistematika yang terdiri atas pendahuluan, kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran, peta pikiran, materi inti dilengkapi dengan fitur "tradisi budaya" dan "keberagaman”, memancing penampilan atau kompetensi melalui penugasan dalam fitur "mari bekerja sama" dan "berpikir kritis", rangkuman, refleksi, dan diakhiri dengan uji kemampuan (pengetahuan Pancasila, proyek, dan sikap) serta kata-kata bijak atau klarifikasi nilai.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang mewadahi transfer of knowledge, attitude, dan skills mahasiswa dalam memahami, menghayati, dan mewujudkan nilai-moral-norma Pancasila secara nyata dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta pergaulan antarbangsa di era global yang multikultural.

Subjek

CIVIC-EDUCATION
 

Katalog

Pendidikan Pancasila Berbasis Kebinekaan Indonesia
9786236232828
304p.: ill.; 25 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Aim Abdulkarim, et al.
Perorangan
 
 

Penerbit

Refika Aditama
Jakarta
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini