Doa Dalam Al-Quran dan Sunnah

M. Quraish Shihab

Informasi Dasar

42 kali
23.01.770
297.382 4
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Doa adalah harapan, keinginan yang dimintakan kepada Allah karena merasa diri lemah dan hina. Suatu pengharapan agar tercapai sesuatu yang diinginkannya dan terhindar dari segala perkara yang ditakuti dan tidak diinginkannya. Dalam doa, manusia merasakan secara mendalam benti hubungannya dengan Allah. Doa adalah komunikasi yang paling intim antara manusia dan Allah. Itulah sebabnya Allah sendiri mengajarkan cara dan isi doa bahkan kadang meluruskan isi doa yang salah.

Doa juga tidak mesti dipahami dalam pengertian meminta, apalagi memaksa kepada Allah. Dalam Al-Quran, Allah mengisahkan dan memberitakan ucapan doa-doa para nabi dan rasul agar umat manusia belajar apa yang menjadi kegelisahan mereka, apa redaksi doa mereka, bagaimana adab mereka dalam berdoa, dan sikap mereka atas berbagai permohonan kepada Allah sekaligus menunjukkan derajat mereka.

Manusia modern, dengan sains dan teknologinya, memang sudah mencapai sekian kemajuan, kemudahan, juga kemakmuran. Namun, setiap manusia dalam perjalanan hidupnya, betapapun hebat dan kuasanya ia, tidak dapat melepaskan diri dari rasa cemas dan harap. Kecemasan yang tidak dapat dielakkan atau harapan yang tidak dapat dipenuhinya kendati memohon pertolongan kepada apa dan siapapun selain kekuatan gaib (Tuhan) yang terpendam dalam sanubari setiap insan, kuat atau lemah.

Buku ini bukan sekadar kumpulan doa atau adab berdoa, tapi berusaha menyajikan makna doa sebagaimana dilakukan para nabi, rasul, dan orang-orang mukmin.

Subjek

TEXTS OF PRAYERS
ISLAM,

Katalog

Doa Dalam Al-Quran dan Sunnah
9786237713982
xvi, 244p.: ill.; 19 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

M. Quraish Shihab
Perorangan
 
 

Penerbit

Lentera Hati
Tanggerang Selatan
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini