Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan dan Kepemilikan Institusional Terhadap Carbon Emission Disclosure (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia)

DINDA AYUSTYARA

Informasi Dasar

140 kali
23.04.3345
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan lingkungan menjadi sarana informasi dan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan tempat aktivitas perusahaa. Dengan semakin meningkatnya intensitas karbon emisi di Indonesia serta tekanan dari masyarakat maka mengungkapan lingkungan juga mencakup mengenai carbon emission disclosure atau laporan emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas perusahaan, namun laporan ini masih bersifat sukarela. Sehingga masih banyak perusahaan yang tidak melakukan pelaporan mengenai carbon emission disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh simultan dan parsial profitabilitas, ukuran perusahaan, kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap carbon emission disclosure pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan selama tiga tahun, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 33 sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel menggunakan aplikasi Eviews 12. Hasil studi menunjukan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional berpengaruh secara simultan terhadap carbon emission disclosure. Secara parsial, variabel profitabilitas, kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure, sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan mampu melakukan penelitian kembali pada sektor atau industri yang berbeda dengan menambah periode penelitian dan menggunaka variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Bagi perusahaan diharapkan agar terus berupaya melaksanakan penurunan karbon emisi dan memperluas cakupan dalam pengungkapan carbon emission disclosure sebagai upaya mengatasi perubahan iklim. Bagi investor dapat mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi pada perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Bagi pemerintah agar terus berupaya dalam menurunkan karbon dengan penetapan regulasi serta dukungan terhadap perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL ANALYSIS,

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan dan Kepemilikan Institusional Terhadap Carbon Emission Disclosure (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA AYUSTYARA
Perorangan
Willy Sri Yuliandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini