VULNERABILITY ASSESSMENT TOOLS MENGGUNAKAN ELK STACK PADA LOG DATABASE SERVER

ADI CANDRA LISTIAWAN

Informasi Dasar

85 kali
23.04.2500
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan semakin berkembangnya teknologi, media penyimpanan berbasis database server menjadi semakin sering digunakan terutama untuk keperluan perusahaan ataupun bidang akademik. Penggunaan database server ini sangat rawan dengan ancaman keamanan data sehingga diperlukannya pendeteksi kerentanan yaitu ELK Stack. Pemasangan aplikasi sekuritas merupakan hal penting untuk mengurangi risiko yang dimiliki oleh penyedia layanan sehingga keamanan data yang dimiliki oleh penyedia layanan dapat terjaga.

Penggunaan ELK Stack dapat meningkatkan keamanan karena dapat memberitahukan apabila ada data log yang rentan terhadap serangan ataupun pencurian sebuah data. ELK Stack ini mampu mengurangi ancaman dengan melakukan filter pada data log yang diolah oleh Logstash berdasarkan data yang diterima oleh Elasticsearch pada saat mengambil data dari server yang telah dipasang ELK Stack. Dengan tersaringnya data yang ada maka akan dikategorikan menjadi data yang rentan dan tidak lalu informasi itu akan ditampilkan pada menu utama Kibana sehingga dapat menindaklanjuti ancaman.

Pengujian yang dilakukan pada ELK Stack sebagai Vulnerability Assessment Tools yang mendapatkan hasil bahwa penggunaan aplikasi ELK Stack ini memiliki fungsi untuk membaca log. Pengujian selanjutnya data yang telah diolah pada ELK Stack dilakukan uji statistik dengan menggunakan metode 3 Sigma Rule. Hasil yang didapatkan dari pengujian statistika berdasarkan empat kali pengujian didapatkan hasil 100% dikarenakan seluruh pengujian memenuhi syarat yaitu 99,7% data berada dalam tiga bagian sigma.

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

VULNERABILITY ASSESSMENT TOOLS MENGGUNAKAN ELK STACK PADA LOG DATABASE SERVER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADI CANDRA LISTIAWAN
Perorangan
Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini