RANCANG BANGUN MASSIVE 3D PRINTER TIPE DELTA DENGAN BAHAN BUTIR SAMPAH PLASTIK

AHDAN ABDULFATTAH RIZQI

Informasi Dasar

39 kali
23.04.2397
620
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan yang menyebabkan banyak kerugian. The National Plastic Action Partnership (NPAP)  mencatat hanya 30% sampah plastik  yang dikelola dengan baik dan sisanya tidak dikelola dengan baik bahkan mencemari lingkungan. Untuk mengurangi sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik, mengubahnya menjadi butir sampah plastik dapat menjadi solusi.

Dengan adanya masalah yang dijelaskan di atas, penulis melakukan penelitian berjudul Rancang Bangun Massive 3D Printer Tipe Delta dengan Bahan Butir Sampah Plastik. 3D printer adalah sebuah mesin printing yang dapat mencetak produk 3 dimensi. 3D printer pada umumnya menggunakan filamen, tetapi pada penelitian ini penulis menggunakan biji plastik. Pada penelitian ini biji plastik tipe PE dimanfaatkan untuk menjadi bahan material 3D printer. Dengan adanya penelitian mengenai Massive 3D Printer ini diharapkan dapat menjadi inovasi bagi khalayak umum untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi.

Hasil penelitian Tugas Akhir ini menunjukkan perangkat Massive 3D Printer yang dapat mengubah biji plastik menjadi produk 3 dimensi. Perangkat yang telah dibuat mempunyai ukuran panjang 107 cm, lebar 75 cm, dan tinggi 205 cm. Massive 3D Printer ini menggunakan motor stepper sebagai komponen penggerak carriage yang dapat bergerak secara akurat dengan tingkat akurasi 100%.

Kata Kunci: 3D printer, Sampah Plastik, Tipe delta

Subjek

Engineering materials
 

Katalog

RANCANG BANGUN MASSIVE 3D PRINTER TIPE DELTA DENGAN BAHAN BUTIR SAMPAH PLASTIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHDAN ABDULFATTAH RIZQI
Perorangan
Brahmantya Aji Pramudita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini