PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Sub Sektor Perusahaan Makanan dan Minuman Tahun 2017-2021)

SHINTA DIAH PERMATASARI

Informasi Dasar

120 kali
23.04.1745
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah pendapat investor tentang keberhasilan perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham. Jika harga saham tinggi maka nilai perusahaan juga akan tinggi. Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan kemakmuran para pemegang saham dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keputusan investasi dan kebijakan dividen, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Data yang digunakan dalam untuk penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan periode 2017-2021.

Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik sampling yang dilakukan yaitu purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 75 sampel yang terdiri dari 15 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun yaitu tahun 2017- 2021. Metode analisis data menggunakan regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan investasi dan kebijakan dividen secarasimultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial keputusan investasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel independen lainnya. Bagi perusahaan, disarankan untuk menerbitkan laporan tahunan yang lengkap dan konsisten supaya citra perusahaan meningkat. Bagi investor sebaiknya melihat perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang baik agar saat berinvestasi dapat mengetahui kondisi perusahaan yang sesungguhnya.

 

Kata kunci : Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan Nilai Perusahaan

 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
INVESTATION ANALYSIS,

Katalog

PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Sub Sektor Perusahaan Makanan dan Minuman Tahun 2017-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHINTA DIAH PERMATASARI
Perorangan
Dudi Pratomo, Rr. Sri Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini