Rancang Bangun Sistem Pelacak Surya Berbasis PID

DIMAS ADITYA NUGRAHA

Informasi Dasar

16 kali
23.04.1640
621.042
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan energi dari cahaya matahari dengan menggunakan solar panel dapat mengkonversikan energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Matahari dapat memacarkan energi sebesar 3,86 x 1026 joule setiap detiknya. Sekitar 1kW/m2 dari energi matahari yang diterima bumi mampu untuk mencukupi 10000 kali kebutuhan energi di bumi jika energi matahari mampu dimanfaatkan di seluruh permukaan bumi. Artinya, menutup 0,1 persen permukaan bumi dengan solar panel yang mempunyai efisiensi 10 persen, dapat mencukupi kebutuhan energi dunia saat ini.

Pada umumnya solar panel dipasang menghadap ke arah matahari, solar panel akan menghasilkan energi listrik yang optimal pada saat cahaya matahari tegak lurus terhadap solar panel. Matahari bergerak dari arah timur ke barat, maka saat waktu-waktu tertentu output yang dihasilkan oleh solar panel tidak optimal. Untuk menjawab permasalahan kurang optimalnya energi dari cahaya matahari yang ditangkap oleh solar panel, maka dibutuhkan sistem pelacak surya untuk mengoptimalkan sistem kerja dari solar panel. Maka pada proyek akhir ini akan dibuat “Rancang Bangun Sistem Pelacak Surya Berbasis PID”. Pada sistem ini, solar panel akan bergerak otomatis mengikuti arah cahaya matahari berdasarkan pembacaan dari sensor photodiode. Yang mana pada sistem ini menggunakan model gerak dual axis yang bertujuan agar solar panel dapat bergerak dari arah barat-timur dan utara-selatan.

Pada sistem ini dilengkapi kontrol PID agar diperoleh output pergerakan panel yang lebih baik dan terkontrol. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa sensor IMU yang digunakan memiliki tingkat error pembacaan rata-rata sebesar 1,89% (Yaw) dan 4,96% (Pitch). Sedangkan ketika sistem tracking aktif diperoleh peningkatan kinerja baterai sebesar 8,7% dan kinerja panel meningkat sebesar 19,87% dibandingkan ketika sistem tracking nonaktif.

 

Kata Kunci: Panel surya, Tracking, Dual-axis

Subjek

SOLAR ENERGY-ENGINEERING
 

Katalog

Rancang Bangun Sistem Pelacak Surya Berbasis PID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS ADITYA NUGRAHA
Perorangan
Erwin Susanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini