PERANCANGAN MONITORING PROTEKSI KATODIK ARUS PAKSA UNTUK KOROSI PADA LOGAM BERBASIS IOT

DANA AULIA PRATIWI

Informasi Dasar

2 kali
23.04.1252
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Logam banyak digunakan pada bidang industri, contohnya bidang pertambangan, permesinan maupun perkapalan. Namun, logam akan mengalami korosi atau pengkaratan karena adanya beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Korosi merupakan kerusakan pada logam yang mengalami reaksi reduksi oksidasi karena terkontak langsung dengan lingkungan dan oksigen. Korosi logam akan mengakibatkan turunnya kualitas pada logam seperti terkikisnya permukaan logam sampai sisa umur logam menjadi rendah, sehingga harus diatasi dengan mencegah atau memperlambat laju korosi. ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) merupakan salah satu cara untuk mengatasi korosi pada logam. ICCP bekerja dengan memberikan arus dari luar pada logam sehingga logam menjadi katoda. Hal ini akan membuat logam berada di potensial proteksi sehingga laju korosi melambat.

Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem monitoring proteksi menggunakan metode ICCP yang mampu mencegah logam dari korosi berbasis IoT (Internet of Things). Sistem ini memanfaatkan sensor arus ACS712 dan sensor tegangan untuk mendeteksi arus yang diberikan sumber pada logam dan perubahan potensial yang dialami logam dalam mencapai potensial korosi maupun proteksi menggunakan bantuan elektroda referensi Ag/AgCl. Arduino Uno sebagai mikrokontroler, DC speed controller untuk memberikan arus pada logam agar logam tidak pengalami penurunan kualitas. Pengaplikasian IoT dalam penelitian ini untuk mengamati potensial dan arus logam yang dapat diakses melalui smartphone user sehingga monitoring dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Hasil penelitian pengukuran potensial logam menunjukan bahwa logam terproteksi dengan baik karena nilai potensial logam berada pada kriteria proteksi yaitu > 0,90 V vs. Ag/AgCl untuk logam Zn. Logam tersebut diuji pada lingkungan HCl, NaCl dan H2O dengan rata-rata arus proteksi yang diberikan sebesar 0,102 A  yang dapat dimonitoring pada platform Blynk berupa grafik dan angka. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam melindungi korosi pada logam.

Kata Kunci : Korosi, ICCP, IoT

 

Subjek

INTERNET OF THINGS
ARTIFICIAL INTELLIGENCE,

Katalog

PERANCANGAN MONITORING PROTEKSI KATODIK ARUS PAKSA UNTUK KOROSI PADA LOGAM BERBASIS IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANA AULIA PRATIWI
Perorangan
FAISAL BUDIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini