PENGEMBANGAN SISTEM ERP MODUL PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS RADIOAKTIF UNIT PENGOBATAN NUKLIR MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART PADA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS: RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG)

PARAMITA

Informasi Dasar

49 kali
23.04.1164
694.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dengan didorongnya perkembangan teknologi saat ini tentunya membuat seluruh institusi kesehatan masyarakat di Indonesia gencar menunjukan lajur eksistensi serta pelayanannya di mata publik. Salah satu rumah sakit tua di Indonesia yaitu RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung kian meningkatkan pelayanannya, salah satunya dengan mengadakan pengobatan teknologi energi radiasi dari inti nuklir. Hal ini tentu akan menghasilkan limbah radioaktif dari penanganan pengobatan yang perlu diolah dengan baik. RSUP Dr. Hasan Sadikin mengelola limbah medis radioaktif yang dihasilkan dari proses pengobatan nuklir tersebut sendiri dalam internal rumah sakit, tetapi proses pengolahan limbah medis radioaktif tersebut masih dilakukan secara konvensional. Mulai dari proses pencatatan, limbah sehari-hari yang dihasilkan dicatat manual kedalam logbook pencatatan dari bagian gudang, dan proses pengolahan yang dilakukan tanpa bantuan sistem monitoring limbah sehingga sukar untuk melakukan pengumpulan data, pencatatan dan pembuatan laporan. Oleh sebab itu, pada penelitian kali ini akan dikembangkan sistem open-source Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu Odoo khusus untuk modul pengelolaan limbah medis radioaktif yang di adaptasi dari modul manufacturing dibantu dengan Quickstart sebagai metode pengembangan sistem ini. Dengan menggunakan ERP Odoo ini sistem dapat terintegrasi dengan berbagai modul seperti modul purchase untuk melakukan pengadaan raw material limbah yang akan diolah, modul inventory untuk melakukan penyimpanan material limbah, modul manufacturing untuk memonitor pengelolaan limbah dan modul lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam melaksanakan pengelolaan limbah medis radioaktif ini. Dengan menggunakan open-source ERP Odoo laporan yang dihasilkan juga akan tergenerate secara otomatis ketika melaksanakan pengelolaan limbah dan dapat dilihat dalam berbagai bentuk seperti chart, dashboard, excel, pdf dan lainnya. Hal ini tentu akan membantu rumah sakit dalam mengambil keputusan.

Kata kunci—Open-source Enterprise Resource Planning (ERP), Odoo, Quickstart, Pengelolaan limbah medis radioaktif

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Enterprise Application Development,

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM ERP MODUL PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS RADIOAKTIF UNIT PENGOBATAN NUKLIR MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART PADA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS: RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PARAMITA
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Lutfia Septiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ISH1B3 - SISTEM ENTERPRISE
  • ISI4S3 - KUSTOMISASI ERP
  • ISI4T3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini