Fisika Teknik

Muhammad Arsyad, Abdul Kadir Muhammad

Informasi Dasar

34 kali
23.01.196
530
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
11a

Buku ajar Fisika Teknik ini disusun dan dibuat khusus untuk mahasiswa Teknik Mesin pada perguruan tinggi vokasi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan digunakan oleh mahasiswa lain termasuk mahasiswa pada perguruan tinggi akademik.

Buku ajar ini diawali dengan pembahasan yang sangat mendasar yaitu Besaran dan Sistem Satuan. Pokok bahasa nini erat sekali dengan kehidupan sehari-hari, bukan hanya mahasiswa teknik melainkan juga umat manusia lainnya. Materi selanjutnya yaitu Skalar dan Vektor. Materi ini sangat membantu mahasiswa dalam menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada suatu sistem sehingga bisa membantu dalam memilih bahan untuk komponen suatu alat atau mesin. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan yaitu Gerak dan Gaya. Kedua hal ini akan dibicarakan pada pokok bahasan selanjutnya, meskipun pembahasan difokuskan pada gerak lurus dan hukum Newton tentang gerak. Untuk melengkapi materi tersebut, maka selanjutnya akan dibahas tentang Usaha dan Energi, di mana kedua hal ini juga tidak bisa dipisahkan. Pokok bahasan ini membahas tentang berbagai sumber energi dan pemanfaatannya, dan menentukan energi yang dibutuhkan pada pergerakan suatu benda. Pembahasan tentang Momentum, Gerak Rotasi dan Elastisitas juga tidak ketinggalan. Materi selanjutnya yaitu Fluida dan Kalor. Materi ini menjelaskan tentang sifat-sifat fluida dan kalor khusus dalam bidang keteknikan.

Untuk memudahkan pemahaman tentang pokok bahasan, maka dilengkapi dengan contoh-contoh soal, dan soal latihan yang diselesaikan setelah kuliah untuk menjajaki sejauh mana mahasiswa memahami materi yang telah dijelaskan.

Subjek

PHYSICS
 

Katalog

Fisika Teknik
978-623-02-5632-5
225p.: ill.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Muhammad Arsyad, Abdul Kadir Muhammad
Perorangan
 
 

Penerbit

Deepublish
Yogyakarta
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini