DESAIN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN KEPING PERSEGI PITA GANDA 2,4 GHz DAN 5,8 GHz UNTUK KOMUNIKASI DRONE

IQBALDI PRAMADHAN

Informasi Dasar

51 kali
23.04.783
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan mesin terbang dengan kendali jarak jauh yang dapat digunakan untuk memantau atau mengontrol keadaan sekitar dengan mengambil gambar berupa video. Pengambilan video terkadang dilakukan dalam cakupan wilayah luas dan besar, sehingga diperlukan teknologi nirkabel yang mumpuni. Wireless Fidelity (WiFi) merupakan jaringan nirkabel yang dapat mendukung lalu lintas data tertinggi dan memungkinkan berbagai perangkat dapat terhubung internet. Teknologi WiFi dapat digunakan untuk mendukung pengiriman data hasil pantauan sekaligus untuk pengendalian drone. Untuk dapat mengirimkan data pantauan serta pengendalian drone maka dibutuhkan perangkat transmisi berupa antena. Namun pada umumnya antena yang digunakan memiliki dimensi besar dan masih menggunakan antena single band. Maka dalam tugas akhir ini akan dirancang dan direalisasikan antena mikrostrip dual band pada frekuensi WiFi 2,4 GHz dan 5,8 GHz untuk komunikasi drone.

Antena yang dirancang adalah antena mikrostrip dengan metode dasar antena patch rectangular yang dikembangkan menjadi susunan array dengan jenis parallel feed yang dapat bekerja di dua frekuensi yaitu di 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Bagian substrat menggunakan bahan FR4, sedangkan bagian patch dan groundplane menggunakan bahan tembaga. Tahapan realisasi antena dimulai dengan menentukan spesifikasi, kemudian menghitung dimensi antena, lalu melakukan simulasi antena dengan software. Setelah itu dilakukan realisasi dan pengukuran.

Setelah dilakukan simulasi diperoleh nilai parameter antena yaitu return loss -15,718 dB dan -17,34 dB, VSWR 1,4025 dan 1,3144, bandwidth 52 MHz dan 698,4 MHz, impedansi 50 ohm, pola radiasi unidireksional, dan polarisasi linier. Kemudiaan ketika pengukuran pada antena realisasi diperoleh nilai return loss -10,159 dB dan -14,131 dB, VSWR 1,9126 dan 1,4929, bandwidth 48 MHz dan 317 MHz, impedansi 31,35 ohm dan 35,03 ohm, pola radiasi unidireksional, dan polarisasi elips.

Kata Kunci: Drone, WiFi, Antena, Antena Mikrostrip, Array, Dual Band

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

DESAIN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN KEPING PERSEGI PITA GANDA 2,4 GHz DAN 5,8 GHz UNTUK KOMUNIKASI DRONE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBALDI PRAMADHAN
Perorangan
Heroe Wijanto, Yussi Perdana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TT3223 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini