PERANCANGAN SCHEDULE BASELINE, SCOPE BASELINE, DAN DASHBOARD MONITORING PROGRESS TIM 3 PADA PROYEK APLIKASI CAREER DEVELOPMENT CENTER PADA UNIVERSITAS X DI PT XYZ

VIGHO SHEVCHENKO

Informasi Dasar

14 kali
23.04.782
658.404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya penggunaan teknologi informasi di Indonesia mendorong banyaknya pembangunan proyek teknologi informasi dan komunikasi. Universitas X sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di Indonesia menerapkan media aplikasi dalam penyebaran informasi. Aplikasi integrasi informasi Universitas X memiliki 37 aplikasi berbeda yang memiliki fungsi penyebaran informasi masing-masing sehingga akses pengguna terhadap informasi lebih mudah untuk dijangkau. PT. XYZ merupakan perusahaan konsultan yang didalamya menawarkan jasa konsultasi hingga pengerjaan proyek berlangsung dan merupakan salah satu Science Technopark yang ada di Indonesia serta menjadi sentral untuk membangun kualitas Information and Communication Technologies. Permasalahan utama pada proyek ini berasal dari fase perencanaan yang tidak terkontrol dan sesuai serta membuat fase planning tidak terdefinisi dengan jelas dan membuat terjadinya keterlambatan pada proses pengerjaan proyek tersebut. Penelitian pada tugas akhir ini dilakukan untuk merancang Scope Baseline, Schedule Baseline dan Dashboard Monitoring Proggress pada proyek pembuatan Aplikasi Career Development Center pada Universitas X di PT XYZ. Rancangan aplikasi terintegrasi informasi ini dibuat untuk membantu Universitas X dalam pengelolaan informasi melalui PT XYZ.

Tujuan dari tugas akhir ini yaitu merancang rekomendasi perbaikan dalam bentuk Scope Baseline, Schedule Baseline dan Dashboard Monitoring Proggress pada proyek pembuatan Aplikasi Career Development Center pada Universitas X di PT XYZ. Perancangan Scope Baseline dilakukan dengan menggunakan metode Decomposition, perancangan Schedule Baseline menggunakan metode Critical Path Method dan perancangan Dashboard Monitoring Progress menggunakan Platform Spreadsheet.

Hasil perancangan Scope Baseline menghasilkan output berupa Project Scope Statement, WBS dan WBS dictionary. Scope Baseline yang dibuat dengan menjelaskan lingkup kerja pada Aplikasi Career Development Center. Scope Baseline yang dibuat akan memperjelas lingkup kerja pada Aplikasi Career Development Center serta berisi penjelasan dari setiap aktivitas yang terdapat pada Aplikasi Career Development Center. Perancangan Schedule Baseline menghasilkan network diagram dan gantt chart yang memiliki total durasi pengerjaan selama 99 minggu yang ditentukan pada hasil perhitungan mencari jalur kritis dari setiap aktivitas. Perancangan Dashboard Monitoring Progress berbentuk dashboard berguna untuk memantau progress pekerjaan. Dashboard berguna jika ada management baru yang masuk pada lingkup pekerjaan proyek dan akan membantu mereka untuk lebih cepat memahami jobdesk serta segala akses yang mereka butuhkan untuk keberlangsungan selama proyek tersebut berlangsung.

Kata kunci Schedule Baseline, Scope Baseline , Decomposition,  Critical Path Method, Dashboard Monitoring Progress

Subjek

PROJECT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SCHEDULE BASELINE, SCOPE BASELINE, DAN DASHBOARD MONITORING PROGRESS TIM 3 PADA PROYEK APLIKASI CAREER DEVELOPMENT CENTER PADA UNIVERSITAS X DI PT XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIGHO SHEVCHENKO
Perorangan
Ika Arum Puspita, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom,S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini