ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNAAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA DIVISI HUMAN RESOURCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 2 (STUDI KASUS: PT PP LONDON SUMATRA INDONESIA)

TSAMARA ARIFAH PRAWATI

Informasi Dasar

42 kali
23.04.447
005.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. PP London Sumatra Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan perkebunan. Perusahaan PT PP London Sumatra Indonesia telah menerapkan sistem enterprise resource planning agar terintegrasi dengan unit-unit yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga lebih efektif dan efisien. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi perusahaan terkait penerimaan dan penggunaan aplikasi, seperti user id yang digunakan sangat terbatas sehingga menyebabkan sistem tidak dapat diakses lebih dari satu pengguna pada waktu yang bersamaan serta belum adanya evaluasi penerimaan pengguna terhadap sistem yang diterapkan oleh perusahaan. Dengan adanya kendala tersebut, pihak human resource tidak mengetahui sejauh mana pengguna menerima suatu sistem yang telah diterapkan. Oleh sebab itu, diperlukan kajian terhadap penerimaan pengguna terhadap suatu sistem yang diterapkan. ERP (Enterprise resource planning) ialah suatu perangkat lunak atau modul yang dapat mengintegrasikan fungsi serta tujuan dalam melakukan kegiatan-kegiatan perusahaan. SAP (System application and processing) ialah suatu aplikasi berbasis ERP yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang berguna untuk mengerjakan aktivitas yang ada di dalam perusahaan agar menjadi lebih efektif dan efisien. Human Resource merupakan bagian yang penting dalam suatu perusahaan karena human resource memiliki tanggung jawab dalam mengelola semua sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah UTAUT 2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) yang mencakup enam variabel kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan SmartPLS. Data pada penelitian ini diambil melalui kuesioner yang diberikan kepada 30 narasumber. Dalam penelitian ini ditemukan 3 hipotesis yang diterima dan 10 hipotesis yang ditolak.

Kata Kunci – ERP, SAP, Human Resource, UTAUT 2

Subjek

DATA PROCESSING FOR BUSINESS
DATA SCIENCE,

Katalog

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNAAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA DIVISI HUMAN RESOURCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 2 (STUDI KASUS: PT PP LONDON SUMATRA INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TSAMARA ARIFAH PRAWATI
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, TAUFIK NUR ADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini