Analisis Isi Program Televisi Swasta Nasional di Indonesia

WINDA DWI ASTUTI

Informasi Dasar

14.04.040
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Media televisi merupakan salah satu media pemuas kebutuhan khalayak, yang mana setiap harinya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memberikan program-program yang informatif, beredukasi, dan menghibur. Penelitian ini akan menganalisis program yang tayang selama satu minggu di seluruh stasiun televisi swasta pada tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui frekuensi dari kategori fungsi media massa yaitu hiburan, informasi, dan pendidikan. Sekaligus mengetahui frekuensi berdasarkan jenis program berita dan non berita.

Penelitian ini didukung oleh metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah analisis isi deskriptif yang mana tidak menguji suatu hipotesis dan hubungan antara variabel. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, yaitu sebanyak 1717 program. Peneliti menggunakan uji reliabilitas coder dengan rumus Koefisiensi Pearson’s, sehingga peneliti dapat mengukur konsitensi agar menjadi objektif dan sistematika.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program informasi didominasi oleh Metro TV sebesar 47,8%, program hiburan didominasi oleh Indosiar sebesar 79,0% , sedangkan kategori program pendidikan didominasi oleh Trans 7 sebesar 14,6%. Kategori program berita didominasi oleh Metro TV sebesar 48,4% dan kategori program non berita didominasi oleh Global TV sebesar 85,8%.

Kata Kunci: Program Televisi Swasta, Jenis Program, Analisis Isi.

Subjek

MASS MEDIA
TELEVISION PROGRAMS, SEMIOTICS

Katalog

Analisis Isi Program Televisi Swasta Nasional di Indonesia
 
xiii, 245p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA DWI ASTUTI
Perorangan
Ira Dwi Mayangsari
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini