ANALISIS KlASTER MENGENAI KONSUMSI MEDIA TELEVISI DI KALANGAN REMAJA KOTA BANDUNG(Studi Remaja SMP Negeri dan SMP Swasta)

ESTER DIANA DAMANIK

Informasi Dasar

14.04.024
302.234 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah media massa televisi. Televisi mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat dengan sejumlah kelebihan yang dimilikinya, Di era informasi dan teknologi yang berkembang pesat saat ini, salah satu elemen lingkungan yang berada di sekitar remaja dan tidak dapat dipisahkan dari tumbuh kembang mereka adalah peranan media. Berhadapan dengan media, remaja menunjukkan karakternya yang dinamis. Remaja pada dasarnya selalu ingin tahu, mudah terpengaruh dan cenderung menerima begitu saja isi media. Masa depan bangsa ada ditangan para remaja saat ini, untuk itu perlu bagi pemerintah dan perusahan untuk memahami bagaimana konsumsi dan perilaku mereka dalam menggunakan media. Pemahaman karakteristik remaja dalam mengkonsumsi media televisi dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, baik secara demografis, psikografis dan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cluster dan karakteristik yang terbentuk dari konsumsi media televisi di kalangan remaja kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa, uses and gratification, remaja, pemasaran dan segmentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis two step cluster. Objek penelitian merupakan remaja SMP Negeri dan SMP Swasta dengan responden berjumlah 400 orang. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat 3 cluster yang terbentuk yaitu anak organisasi, anak zaman dan anak sekolahan.

Kata Kunci : Two step cluster, remaja, media, televisi, VALS (Value and Lifestyle)

Subjek

TELEVISION-MEDIA
 

Katalog

ANALISIS KlASTER MENGENAI KONSUMSI MEDIA TELEVISI DI KALANGAN REMAJA KOTA BANDUNG(Studi Remaja SMP Negeri dan SMP Swasta)
 
170p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ESTER DIANA DAMANIK
Perorangan
Refi Rifaldi ; IIS KURNIA NURHAYATI
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini