IMPLEMENTASI KEAMANAN WEB SERVER MENGUNAKAN APPLICATION FIREWALL SHADOW DAEMON

JANATUN NAIM

Informasi Dasar

32 kali
23.06.050
005.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Layanan internet memudahkan bagi pengguna dapat berbagi layanan bersama dan saling bertemu melalui aplikasi web yang sudah ada pada saat ini. Semua informasi dengan mudah didapatkan dari aplikasi web yang ada. Namun dengan adanya teknologi informasi saat ini aplikasi web dijadikan sebagai incaran hacker. Ada banyak  ancaman yang sering menyerang pada aplikasi web salah satunya ialah SQL Injection, Cross-Site Scripting dll. SQL injection adalah sebuah aksi hacking yang dilakukan di aplikasi client dengan cara memodifikasi perintah SQL yang ada di memori aplikasi client.

Keamanan pada aplikasi web kurang mendapatkan perhatian dari developer dan akibatnya banyak serangan terhadap web melalui internet, maka dari itu pada proyek akhir ini dibuat pengamanan khusus yakni Web Application Firewall dengan tools shadow daemon. Web Application Firewall (WAF) adalah suatu metode untuk pengamanan pada aplikasi web, yang bertujuan untuk mencegah adanya ancaman dari attacker. Sistem dibangun untuk mencegah SQL injection, cross-site Scripting dan command injection pada web server.

Banyak sekali yang melakukan serangan informasi seperti ancaman SQL injection, cross-site scripting dan command injection. Contohnya yaitu kasus website komisi pemilihan umum (KPU) diretas oleh hacker asal jogja pada tahun 2004, dengan menggunakan SQL Injection peretas berhasil mengubah tampilan website dengan informasi yang sangat nyeleneh. Maka dari itu dibutuhkan keamanan pada aplikasi web application firewall dengan toolls shadow daemon.  Pada proyek akhir ini akan dibangun prototype firewall dengan tools shadow daemon berbasis ubuntu pada web server. Untuk mengamankan web server dari serangan pada SQL Injections, Cross-Site Scripting, dan Command Injection.

Kata Kunci: Waf, Shadow Daemon, SQL Injection, Cross-Site Scripting, Command Injection.

Subjek

Firewall
DATA SECURITY,

Katalog

IMPLEMENTASI KEAMANAN WEB SERVER MENGUNAKAN APPLICATION FIREWALL SHADOW DAEMON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JANATUN NAIM
Perorangan
Prajna Deshanta Ibnugraha, Setia Juli Irzal Ismail
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DCH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN LANJUT
  • DCH1G3 - BASIS DATA
  • VKI2H3 - KEAMANAN JARINGAN
  • VKI3B4 - PROYEK AKHIR
  • DCH1D3 - SISTEM OPERASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini