Perancangan Kampanye Sosial Substitusi Beras Sebagai Bahan Makanan Pokok

FATHAN MUBINA NURFAJRIANTO

Informasi Dasar

13.04.700
659.113
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beras adalah bulir/gabah yang berasal dari padi (oryza sativa). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras. Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Rasanya yang enak, mudah diolah dan kondisi alam yang mendukung penyediaanya, merupakan beberapa alasan mengapa beras dijadikan makanan favorit masyarakat Indonesia.

Seiring bertumbuhnya populasi penduduk dan kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan, maka tingkat konsumsi beras di Indonesia pun melonjak tajam. Fenomena tersebut berdampak pada ketahanan pangan nasional, yang dapat beresiko terjadinya krisis pangan dan kelaparan yang akan diderita oleh masyarakat Indonesia. Pada kenyataanya, bahan makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat selain beras cukup banyak tersedia di Indonesia. Sumber makanan pokok tersebut antara lain adalah: singkong, gandum, kentang, ubi jalar, sagu dan jagung. Dibandingkan beras, bahan-bahan makanan tersebut masih jarang dikonsumsi.

Dibutuhkan suatu tindakan atau gerakan yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi beras. Salah satunya adalah melalui kampanye sosial, kampanye ini nantinya akan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahan makanan alternatif lain selain beras yang dapat dikonsumsi, serta mengajak masyarakat agar terbiasa makan makanan alternatif tersebut sehingga mengurangi kebutuhan masyarakat terhadap beras.

Perancangan kampanye meliputi aspek visual dan aspek verbal. Aspek verbal terdiri dari nama kampanye dan pesan kampanye (tagline). Sedangkan visualisasi kampanye terdiri dari fotografi, warna, tekstur, layout, dan tipografi. Kedua aspek tersebut merupakan aspek utama yang berpengaruh terhadap daya tarik sebuah kampanye dan berpengaruh terhadap keberhasilan kampanye. Kedua aspek tersebut akan didukung dengan penggunaan strategi media, supaya pesan dari kampanye berhasil diterima oleh sasaran yang dituju. Hasil perancangan kampanye adalah berupa iklan media cetak (poster, iklan majalah, iklan surat kabar), event, website dan web banner.

Kata kunci : Substitusi, Beras, Kampanye Sosial, Bahan makanan Alternatif, Sumber Karbohidrat.

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

Perancangan Kampanye Sosial Substitusi Beras Sebagai Bahan Makanan Pokok
 
xvi, 123p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHAN MUBINA NURFAJRIANTO
Perorangan
Mohamad Tohir
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, DKV
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini