Mindfullness Dalam Komunikasi Antarbudaya

Rini Darmastuti

Informasi Dasar

13.01.806
303.482
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
7a

Komunikasi dan budaya saling berpengaruh satu sama lain. Budaya di mana individu-individu bersosialisasi sangat berpengaruh terhadap cara mereka berkomunikasi. Sedangkan cara individu-individu berkomunikasi dapat mengubah budaya mereka. Hanya saja, analisis tentang komunikasi antar pribadi lazimnya mengabaikan hubungan ini sehingga aspek budaya menjadi kosong dalam studi komunikasi. Oleh karena itulah studi-studi tentang komunikasi antarbudaya berupaya menguji pengaruh budaya terhadap pola-pola komunikasi. Kebanyakan analisis tentang komunikasi antarbudaya membandingkan dan mempertentangkan pola-pola komunikasi dari berbagai macam budaya.

Untuk konteks Indonesia yang memiliki beragam suku dan etnis, studi mengenai komunikasi antar budaya merupakan hal yang sangat penting. Keberagaman adat, kebiasaan, dan cara hidup menuntut adanya saling pemahaman antara beragam suku tersebut sehingga proses komunikasi yang dijalin dapat mengantarkan pada kebersamaan, bukan permusuhan dan konflik, yang pada akhirnya dapat menciptakan kehidupan bersama yang solid diantara berbagai elemen bangsa.

Buku ini, merupakan kelanjutan dari model pendekatan komunikasi berbasis kultur, namun dengan menelaah berbagai segi yang berkaitan. Konsep-konsep dasar mengenai komunikasi, kebudayaan, dan komunikasi antarbudaya dibahas secara runtut dan teliti. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa pertanyaan yang bermanfaat untuk digunakan sebagai pemandu bagi penelitian mengenai komunikasi antarbudaya. Terakhir, buku ini juga dilengkapi dengan contoh analisis penerapan teori komunikasi antarbudaya sehingga dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan, baik mahasiswa, akademisi maupun praktisi.

Subjek

INTERCULTURAL COMMUNICATION
INTERPERSONAL COMMUNICATION, EFFECTIVENESS-COMMUNICATION

Katalog

Mindfullness Dalam Komunikasi Antarbudaya
978-602-7636-35-4
xx, 296p.: il.; 23,5cm+ index.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Rini Darmastuti
Perorangan
Mapa
 

Penerbit

Buku Litera
Yogyakarta
2013

Koleksi

Kompetensi

  • SK211033 - KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
  • KII2F3 - KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
  • KHI2C3 - KOMUNIKASI ANTARBUDAYA
  • ERJ2D3 - KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini