ANALISIS PERSAINGAN RETAILING MIX MINIMARKET DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA (Studi Kasus Circle K dan Indomaret yang Berlokasi Di Jalan Buah Batu, Bandung).

CHARDANI WIRABUANA PUTRA

Informasi Dasar

13.06.077
658.87
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan dan pola hidup masyarakat yang semakin menginginkan kenyamanan dalam berbelanja, kepastian harga, dan keanekaragaman barang kebutuhan dalam suatu toko, pelanggan menuntut pengusaha ritel untuk meningkatkan pengelolaannya. Sebagai bentuk usaha ritel, Circle K dan Indomaret harus memiliki keunggulan dalam bersaing agar mampu menarik minat konsumen untuk berbelanja sehingga dapat bertahan. Strategi pemasaran ritel yang tepat dengan menggunakan konsep bauran penjualan eceran (retailing mix) mampu memberikan yang terbaik kepada konsumen dalam mendorong pembeli untuk melakukan transaksi pada pedagang eceran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan persaingan dari retailing mix (Bauran produk, Layanan, Suasana Toko, Harga, Promosi, dan Lokasi) antara Circle K dan Indomaret yang berlokasi di Jalan Buah Batu, serta mengetahui apakah ada perbedaan dalam penerapan retailing mix minmarket tersebut dalam menarik minat konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan quesioner kepada 80 responden konsumen yang pernah berbelanja di Circle K dan Indomaret yang berlokasi di jalan Buah Batu, Bandung. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan strategi retailing mix minimarket adalah menggunakan perhitungan Nilai Indeks Kinerja dan analisa Competitive Adventage. Sedangkan untuk menguji perbedaan penerapan bauran penjualan eceran antara kedua minimarket menggunakan alat analisa Paired Simple T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukan keunggulan bauran ritel minimarket Circle K adalah layanan, bauran produk, dan lokasi. Indikator/pertanyaan yang menjadi keunggulan Circle K yaitu Q2, Q3, Q4, Q5, Q6, Q7, Q9, Q15, dan Q22. Sedangkan keunggulan bauran ritel minimarket Indomaret adalah lokasi, bauran produk, dan layanan. Indikator/pertanyaan yang menjadi keunggulan Indomaret yaitu Q1, Q6, Q9, Q12, Q21, dan Q24. Sementara itu, hasil uji yang dilakukan menggunakan Analisa Paired Simple T-Test menggambarkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang berarti antara minimarket Circle K dan Indomaret dalam penerapan retailing mixnya dalam menarik minat konsumen untuk berbelanja.

Kata kunci : Bauran produk, Layanan, Suasana Toko, Harga, Promosi, dan Lokasi

Subjek

RETAILIING
 

Katalog

ANALISIS PERSAINGAN RETAILING MIX MINIMARKET DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA (Studi Kasus Circle K dan Indomaret yang Berlokasi Di Jalan Buah Batu, Bandung).
 
xi, 61p.: il.; 29 cm + lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHARDANI WIRABUANA PUTRA
Perorangan
Agus Maolana Hidayat
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Pemasaran
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini