Akuntansi Sektor Publik

Kadar Nurjaman

Informasi Dasar

8 kali
22.01.1009
657.661
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
14 B

Dalam beberapa hal, akuntansi sektor publik berbeda dengan akuntansi sektor swasta. Perbedaan sifat dan karakteristik akuntansi tersebut disebabkan perbedaan lingkungan yang memengaruhi. Organisasi sektor publik bergerak dalam lingkungan yang kompleks dan turbulence. Komponen lingkungan yang memengaruhi sektor publik meliputi faktor: ekonomi (pertumbuhan ekonomi, inflasi, tenaga kerja); politik (jaringan internasional hubungan negara dan masyarakat); kultur (keragaman suku, agama, sosial masyarakat); demografi (pertumbuhan penduduk, migrasi, tingkat kesehatan).

Akuntansi sektor publik pada awalnya terspesialisasi dari suatu bidang yang relatif kecil. Akan tetapi, saat ini akuntansi sektor publik telah menjadi sebuah disiplin ilmu. Dalam waktu yang relatif singkat akuntansi sektor publik telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Saat ini lembaga pemerintah dan berbagai organisasi publik lainnya memiliki perhatian yang besar terhadap akuntansi publik dibandingkan dengan masa sebelumnya. Hal ini sebagai akibat adanya tuntutan, terutama dari masyarakat untuk dilakukan transparansi dan akuntabilitas publik oleh lembaga-lembaga sektor publik.

Buku ini memberikan pemahaman tentang karakteristik akuntansi sektor publik, kekhususannya dan perbandingannya dengan akuntansi sektor swasta, proses akuntansi manajemen pada sektor publik, konsep akuntansi keuangan pada sektor publik dan teknik pencatatannya, laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau institusi pada sektor publik serta memiliki keterampilan untuk membuatnya. Topik penyajiannya dimulai dari filosofi, sejarah perkembangan ilmu akuntansi; konsep dasar akuntansi sektor publik; regulasi standar akuntansi sektor publik; akuntansi manajemen sektor publik; sistem pengendalian manajemen sektor publik; akuntansi dana di pemerintahan; akuntansi keuangan daerah; akuntansi dana di yayasan

Subjek

ACCOUNTING
PUBLIC SECTOR,

Katalog

Akuntansi Sektor Publik
978-979-076-777-5
443p.: ill.; 24 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Kadar Nurjaman
Perorangan
 
 

Penerbit

Pustaka Setia
Lingkar Selatan
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini