Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi

Dermawan Wibisono

Informasi Dasar

13.01.661
001.42
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Pada akhir masa studinya, mahasiswa S1, S2, dan S3 diharuskan untuk membuat skripsi,tesis, atau disertasi sebagai syarat kelulusannya. Mulai Agustus 2012, syarat tersebut bertambah dengan keluarnya surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional yang mensyaratkan publikasi ilmiah bagi para Iulusan S1, S2, dan S3 dalam bentuk prosiding, jurnal nasional takterakreditasi, jurnal nasional terakredetasi atau jurnal internasional. Namun demikian, sampai saat menempuh akhir masa studinya, banyak mahasiswa kurang mengerti syarat-syarat akademis dari sebuah skripsi, tesis, ataupun disertasi serta perbedaan kedalaman riset yang dilakukan tiap jenjang, sampai dengan bagaimana mentransfer materi yang disusun tersebut ke dalam publikasi yang dipersyaratkan.

Ketidakmengertian mahasiswa tersebut muncul karena budaya riset belum mendarah daging di Indonesia. Bahkan para pembimbing studi pun tidak secara jelas mensyaratkan apa yang dirumut dalam masing-masing level pendidikan karena pengalaman yang bersangkutan saat menempuh studi juga tidak memberikan persyaratan tersebut secara gamblang. Bahkan beberapa di antaranya hanya menjadi "alat" bagi supervisornya untuk mengerjakan proyek penelitian tanpa memerinci dan memberikan pengertian tentang kuali?kasi yang diperlukan.

Buku ini disusun untuk membantu memberikan pengertian tentang riset yang menjadi dasar bagi penyusunan skripsi, tesis, atau disertasi tersebut baik bagi mahasiswa maupun dosen pembimbing. Dengan sistematika mulai dari pengertian riset, penyusunan proposal, pengolahan data, sampai dengan presentasi dan publikasi ilmiah yang diperlukan disertai dengan contoh-contoh yang riil dan gamblang dari proses pembimbingan yang penulis lakukan di School of Business and Management, lnstitut TeknoIogi Bandung dan atau dari pengalaman penulis saat menempuh pendidlkan S1 di lTB, S2 di Royal Melbourne Institute of Technology, Australia,dan S3 di University of Bradford, lnggris, insya Allah memberikan kemudahan dalam penyusunan skripsi, tesis, atau disertasi tersebut Karena menurut penelitian masyarakat Indonesia adalah masyarakat audio visual, yang lebih mudah melakukan segala sesuatu setelah melihat contoh yang diberikan, bukan dari penelaahan dan perenungan sendiri yang intens dilakukan.

Dengan semangat mensosialisasikan pengertian dan penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi dengan benar serta merupakan buku panduan yang mudah dimengertl dengan diberikannya semua kajian dalam bentuk contoh-contoh nyata, insya Allah Indonesia yang saat ini tertinggal dari Ma|aysia, Thailand,d an Singapura dalam publikasi ilmiah internasional dapat menyusulnya mengingat Indonesia unggul dalamjumlah sumberdaya.

Subjek

RESEARCH
RESEARCH METHODS

Katalog

Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi
978-979-29-3874-6
xiv, 556p.: Il.; 23cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Dermawan Wibisono
Perorangan
 
 

Penerbit

ANDI
Yogyakarta
2013

Koleksi

Kompetensi

  • IMI2B6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini