MUSIK SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL (Analisis Lirik Lagu “Mosi Tidak Percaya” Pada Album Kamar Gelap Karya Eefek Rumah Kaca)

MUHAMMADA RADITYA PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.1981
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK                                         

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis musik sebagai media kritik sosial  pada lirik lagu “Mosi Tidak Percaya” karya Efek Rumah kaca. Kritik sosial adalah sindiran atau tanggapan yang ditujukan kepada suatu hak yang terjadi dalam masyarakat manakala terdapat sebuah konfrontasi dengan realitas berupa kepincangan atau kebobrokan. Melalui musik para seniman mengutarakan kritik melalui musik penyanyi atau grup band lebih mudah untuk memberikan pesan kepada para pendengarnya.

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign). Tanda adalah kesatuan antara suatu bentuk penanda (signifier) dengan sebuah ide atau petanda (Signified). Penanda adalah aspek material dari bahasa yang didengar maupun dibaca, sedangkan petanda adalah gambaran pikiran, mental, atau konsep.

Lagu “mosi tidak percaya” pertama kali dibuat pada tahun 2008, lagu ini dibuat dengan penyanyinya sendiri yaitu Cholil. Pada tahun 2019 lagu ini dinyanyikan leh para mahasiswa yang kurang setuju dengan RUU KUHP yang baru karena diangap melemahkan KPK. Lagu ini dibuat oleh grup Band Efek Rumah Kaca karena ingin menyampaikan aspirasi rakyat melalui lagu Mosi Tidak Percaya.

Kata Kunci : semiotika,  lagu mosi tidak percaya, kritik sosial, musik

Subjek

MEDIA STUDY
SOCIAL MEDIA, COMMUNICATION,

Katalog

MUSIK SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL (Analisis Lirik Lagu “Mosi Tidak Percaya” Pada Album Kamar Gelap Karya Eefek Rumah Kaca)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMADA RADITYA PRATAMA
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini