Semiotika Komunikasi : Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi

Indiwan Seto Wahyu Wibowo

Informasi Dasar

13.01.624
302.2
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Kata Semiotika Komunikasi kadang masih terdengar asing bagi masyarakat juga dikalangan mahasiswa llmu Kamuikasi, tak sedikit yang sudah melirik dan mulai mencoba-coba menggunakan semiotika sebagai alat ‘bedah' penelitian rnereka. Semiotika adalah ilmu tentang makna dibalik tanda-tanda. Keunikan manusia dibanding ciptaan Tuhan yang lain adalah kernarnpuannya dalam merangkai kata dan berbahasa mengurai makna, Bahkan Erns Cassie menyebut manusia sebagai ‘animal symbolicum yakni makhluk atau ciptaan yang mempergunakan simbol yang secara generik rnernpunyai cakupan yang lebih luas ketirnbang istilah Homo sapiens (yang biasa diterakan pada rnanusia) yakni sebagai makhluk yang berpikir, sebab dalam kegiatan berpikirnya itu, manusia mempergunakan simbol-simbol atau tanda-tanda yang bisa dimaknai.

Sebagai sebuah metode penelitian mungkin belum banyak mahasiswa konsentrasi jurnalistik, Public Relatians dan Advertising yang ‘berani' memakai pendekatan semiotika ini, Tetapi sejatinya mereka bisa memakai semiotika untuk melihat konstruksi sosial atau representasi fenomena politik atau sosial yang coba dimunculkan oleh media massa dan untuk keperluan itulah buku ini disusun. Begitu juga mahasiswa Komunikasi dengan peminatan Marketing Communications dan Public Relations perlu memiiki buku ini untuk keperluan penulisan skripsinya.

Buku ini sengaja dibuat secara khusus bagi mahasiswa yang serius menggunakans emiotika sebagai pisau analisis pembuatan tugas akhir mereka. Disusun secara sistematis, buku ini terbagi menjadi Sembilan Bab. Pembaca akan dibawa dan ikut asyik masyuk dalam belantara penelitian semiotika yang merniliki sejurnlah ragam dan pendekataa dengan argumennya masing-masing. Buku ini juga dilengkapi dengan kerangka berpikir semiotika dan sistematika penulisan penelitian semiotika yang akan rnemberi pijakan kuat bagi mahasiswa agar tidak ragu saat mempertanggung jawabannya Secara ilrniah dengm argumen yang kuat.

Subjek

SEMIOTICS
COMMUNICATION

Katalog

Semiotika Komunikasi : Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi
978-602-1521-41-0
x, 231p.: ill.: 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Indiwan Seto Wahyu Wibowo
Perorangan
 
 

Penerbit

Mitra Wacana Media
Jakarta
2013

Koleksi

Kompetensi

  • VDH3J2 - SEMIOTIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  oke 15 April, 2024
107637
mantap
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini