Perancangan Signage Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

MADE UTARI DWIYANI

Informasi Dasar

13.04.652
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Signage adalah media informasi yang menggambarkan suatu lokasi dengan jelas. Signage yang baik adalah signage yang menyajikan informasi lengkap, memiliki keseragaman visual, mudah terbaca, dan mudah dimengerti. Salah satu lokasi publik yang membutuhkan signage yang baik adalah rumah sakit. Signage membantu pasien, pengunjung, dan staf rumah sakit untuk menemukan letak fasilitas tujuan mereka dengan cepat.

Namun, masih ada rumah sakit di Indonesia yang belum menerapkan signage di lingkungannya dengan baik. Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan (RSUP H. Adam Malik). RSUP H. Adam Malik merupakan rumah sakit tipe A terbesar di Pulau Sumatera yang dikelola Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara. Kekurangan dari signage di RSUP H. Adam Malik adalah kurang seragam secara visual, sulit terbaca, dan informasi kurang lengkap, sehingga sulit menemukan letak fasilitas yang dituju tanpa bertanya, terutama klinik rawat jalan dan ruang rawat inap. Padahal, signage yang informatif adalah salah satu poin penilaian akreditasi internasional JCI, yang saat ini sedang diupayakan pihak rumah sakit agar dapat lulus dengan melakukan pembenahan di berbagai sektor.

Dari hasil pengumpulan data melalui wawancara terhadap staf, observasi, kuesioner serta tinjauan terhadap program sejenis dan hasil analisis matriks didapati bahwa dari dibutuhkan perancangan signage yang baik agar membantu pasien dan pengunjung untuk mencapai lokasi dengan segera dan memperoleh layanan dengan efisien, sekaligus sebagai poin tambah bagi penilaian akreditasi.

Kata kunci: rumah sakit, penyajian informasi, signage

Subjek

DESIGN
 

Katalog

Perancangan Signage Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan
 
xiv, 90p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MADE UTARI DWIYANI
Perorangan
I Dewa Alit Dwija ; Ati Mustikasari
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini