Usability Measurement in User Interface Design Using Heuristic Evaluation & Severity Rating (Case Study: Mobile TA Application based on MVVM)

MUHAMMAD IRSYAD SABIQUN BIL KHAIRAT

Informasi Dasar

22.04.1208
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap desain user interface perlu diuji, salah satunya dengan menggunakan heuristic evaluation. Heuristic evaluation digunakan untuk menguji sepuluh aspek usability aplikasi dan severity rating untuk menentukan besarnya masalah antarmuka pengguna aplikasi. Terdapat masalah dengan usability dalam aplikasi mobile TA. Mulai dari tampilan user interface saat ini yang tidak responsif (88%). Selain itu, beberapa ikon tidak sesuai dengan nama dan informasi ikon (83%). Terjadi penumpukan informasi pada satu halaman, terutama pada halaman beranda, dimana pengguna membutuhkan scrolling yang berlebihan (72%). Sehingga perlu dilakukan perancangan ulang desain antarmuka pengguna agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian aplikasi mobile TA dengan kebutuhan pengguna melalui elisitasi kebutuhan (observasi dan kuisioner) dan pengujian dengan heuristic evaluation & severity rating untuk mengukur usability dari aplikasi mobile TA. Penelitian ini telah menghasilkan tujuh Functional Requirement, empat Non-Functional Requirement, dan Use Case diagram yang melibatkan tiga aktor dan sebelas Use Case. Selain itu, untuk implementasi MVVM, kami telah mengimplementasikan desain antarmuka, misalnya, diterapkan pada kelas LoginAction untuk menghindari penggunaan ENUM. Implementasi View pada 'SignInButton,' 'usernameView,' dan 'passwordView' untuk membuat tindakan dan status, dan implementasi RxViewModel sebagai dasar dari semua ViewMode. Pada tahap akhir penelitian ini, telah berhasil dilakukan pengukuran usability dan severity rating yang termasuk ke dalam kategori dengan rating = 1 (cosmetic problem).

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

Usability Measurement in User Interface Design Using Heuristic Evaluation & Severity Rating (Case Study: Mobile TA Application based on MVVM)
 
 
English

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRSYAD SABIQUN BIL KHAIRAT
Perorangan
YUDI PRIYADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini