IMPLEMENTASI METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN NEURAL NETWORKS UNTUK PENGELOMPOKAN TOPIK ARTIKEL PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIK SOSIAL DESA

DESSY YUSSELA MOCHAMAD YUSUP

Informasi Dasar

22.04.1201
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Social e-Learning Desa merupakan aplikasi yang telah dibangun pada tahun 2014. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur untuk melakukan pembelajaran online. Akan tetapi aplikasi Social e-Learning masih belum menerapkan artificial intelligence sehingga masih terdapat beberapa kekurangan untuk menjadi media pembelajaran. Salah satunya belum menerapkan klasifikasi otomatis untuk artikel yang diinputkan. Hal itu dapat membuat user mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Pembelajaran elektronik sosial desa dikembangkan degan desain aplikasi integrasi menggunakan penerapan alogaritma atau metode Neural Networks untuk mendukung modul klasifikasi dengan kesamaa jenis dokumen. Metode Neural Networks mengklasifikasikan dokumen secara terurut dengan jenis yang sama. Tools yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Java Machine Learning dan metode dalam penelitian ini menggunakan Prototype.

Sebelumnya telah dilakukan pengklasifikasian dengan algoritma Naïve Bayes dan Decision Tree akan tetapi untuk hasilnya masih ada beberapa artikel yang tidak di kategorikan dengan sesuai, oleh karena dilakukan klasifikasi dengan algortima Neural Networks untuk mendapatkan hasil yang lebih baik daripada algoritma yang sebelumnya. Percobaan dilakukan dengan menggunakan data yang sama yaitu data training 255 data artikel.

Kata Kunci : Aplikasi Social e-Learning, pembelajaran sosial elektronik, Neural Networks, Arificial Intelligence, Prototype, klasifikasi.

Subjek

CYBERNETICS
 

Katalog

IMPLEMENTASI METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN NEURAL NETWORKS UNTUK PENGELOMPOKAN TOPIK ARTIKEL PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIK SOSIAL DESA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESSY YUSSELA MOCHAMAD YUSUP
Perorangan
SENO ADI PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini