PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA CURVYLINEAR CIRCULAR DENGAN STRUKTUR AMC (ARTIFICIAL MAGNETIC CONDUCTOR) YANG TERLETAK SEJAJAR DI SEKITAR PATCH

TAMBOR GANDA SIRAIT

Informasi Dasar

22.04.1145
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

?Antena yang memiliki patch mikrostrip telah mempermudah manusia untuk mengurangi ukuran dari antena, yang melibatkan pengurangan ukuran alat komunikasi. Pengaruhnya pada antena mikrostrip memiliki sejumlah kelemahan seperti gain dan efisiensi yang rendah, bandwidth sempit serta gelombang permukaan yang berpengaruh pada pola radiasi. Selain itu, directivity akan berpengaruh pada pola radiasi yang dihasilkan dan semakin besar gainnya.

Pada tugas akhir ini membahas tentang penguatan gain antena mikrostrip dengan bentuk melingkar menggunakan Artificial Magnetic Conductor (AMC). Membuat desain dimesi AMC adalah bagian utama untuk meningkatkan gain pada tugas akhir ini. Penggunaan struktur AMC digunakan untuk mendapatkan tingkat tempat penyerapan yang tinggi yang dapat bekerja pada frekuensi yang diinginkan. Struktur AMC diimplementasikan pada antena microstrip circular yang direalisasikan pada sekitar patch antena yang mana digunakan pada frekuensi 5G sebesar 3.5 GHz. Untuk keperluan validasi, antena perlu dirancang dengan prototipe dan dapat dihitung sebagai perbandingan dengan hasil simulasi.

Hasil dari tugas akhir ini adalah antena curvylinier circular dengan tambahan struktur AMC di sekitar patch dan menggunakan substrat FR-4 untuk menghasilkan penguatan gain sesuai antena yang dirancang dan diimplementasikan. Antena curvylinier circular menghasilkan vswr 1,254 dan penguatan gain yang terbaik pada frekuensi 3.5 GHz yaitu 5.213 dB.

Kata Kunci : curvylinier circular, gain, vswr, Artificial Magnetic Conductor, 5G.

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA CURVYLINEAR CIRCULAR DENGAN STRUKTUR AMC (ARTIFICIAL MAGNETIC CONDUCTOR) YANG TERLETAK SEJAJAR DI SEKITAR PATCH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAMBOR GANDA SIRAIT
Perorangan
BAMBANG SETIA NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini