ANALISIS KINERJA ALGORITMA PEMILIHAN PENGGUNA DENGAN KOMPLEKSITAS RENDAH BERBASIS KOMBINASI ROUND-ROBIN PADA SISTEM MASSIVE MIMO

RAYHAN NAUVALDI

Informasi Dasar

22.04.1134
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi generasi kelima (5G) menuntut kinerja yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Sistem Multiple Input Multiple Output (MIMO) yang sudah diimplementasikan tidak dapat memenuhi permintaan data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, sistem Massive MIMO muncul sebagai solusi untuk mengatasi generasi sebelumnya. Penggunaan Massive MIMO ini memungkinkan untuk diciptakannya multiple beam sehingga throughput dapat meningkat lebih besar daripada generasi sebelumnya.

Sistem Base Station (BS) tidak dapat melayani sejumlah besar pengguna secara bersamaan. Oleh karena itu, Penulis mengusulkan algoritma pemilihan layanan pengguna untuk mencapai spektral efisiensi tinggi dan interferensi kecil. Algoritma yang diusulkan adalah Capacity-Based User Selection, Frobenius Norm-based User, dan Chordal Distance User Selection (CDUS)yang dikombinasikan dengan algoritma Round-Robin (RR). Ketiga algoritma ini masih memiliki kekurangan dalam memilih pengguna yang kurang adil. Algoritma RR merupakan algoritma yang memilih pengguna berdasarkan urutan kedatangan. Dengan menggabungkan ketiga algoritma di atas dengan algoritma RR, maka kekurangan yang ada pada algoritma sebelumnya dapat teratasi.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan, algoritma pemilihan pengguna yang dikombinasikan dengan algoritma RR memberikan kinerja yang baik dalam hal throughput maksimum menggunakan algoritma Capacity-RR dengan nilai 16.4 bps/Hz dan nilai sumrate pada variasi 128 pemancar dan 4 penerima sebesar 673 bps/Hz. Tingkat fairness pada algoritma CDUS-RR memiliki indeks fairness dengan nilai rata-rata 3.29, dan kompleksitas pada algoritma CDUS-RR memiliki rata-rata runtime sebesar 28.16 detik. Hasil Tugas Akhir ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan penjadwalan pengguna pada sistem Massive MIMO dengan fairness yang baik, kompleksitas yang rendah, dan saat bersamaan memberikan nilai sumrate yang baik.

Kata Kunci: Massive MIMO, Capacity-Based User Selection, Frobenius Norm-based User, Chordal Distance User Selection, Round-Robin.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

ANALISIS KINERJA ALGORITMA PEMILIHAN PENGGUNA DENGAN KOMPLEKSITAS RENDAH BERBASIS KOMBINASI ROUND-ROBIN PADA SISTEM MASSIVE MIMO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN NAUVALDI
Perorangan
NACHWAN MUFTI A.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini