SISTEM KLASIFIKASI JENIS SAPI DENGAN METODE GRAY LEVEL COOCURRENCE MATRIX (GLCM) MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

SALSABIL FARAH AQILAH WIJAYA

Informasi Dasar

22.04.1133
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Sapi merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia mulai dari daging, susu, kotoran, kulit, hingga membantu bercocok tanam. Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2020 terdapat 17.466.792 ekor populasi sapi potong yang ada di Indonesia dan 568.265 ekor populasi sapi perah yang ada di Indonesia. Dari 17.466.792 ekor populasi sapi potong yang ada di Indonesia terdapat 896.200 ekor populasi sapi yang ada di Sumatera Utara yang merupakan provinsi 6 teratas yang memiliki populasi sapi potong terbanyak. Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis sapi yang bertumbuh kembang, beberapa diantaranya adalah Sapi Aceh, Sapi Brangus, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Limousin, Sapi FH, dan masih banyak lagi. Dalam Tugas akhir ini penulis merancang sistem klasifikasi jenis sapi dengan metode Gray Level Cooccurrence Matrix (GLCM) menggunakan klasifikasi K-Nearest Neighbor dan Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini memanfaatkan citra digital dengan ekstraksi citra GLCM. GLCM merupakan metode ciri statik pada orde kedua yang dilakukan matriks kookurensi. Prinsip kerja dari GLCM adalah mengubah citra RGB menjadi citra grayscale kemudian melakukan segmentasi warna dengan menghitung nilai cooccurance matrix-nya setelah itu dinormalisasi agar mendapatkan parameter-parameter yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan 2 jenis klasifikasi yaitu klasifikasi K-NN dan klasifikasi SVM. Dalam pengujian ini dilakukan proses akuisisi citra, pengambilan data citra sapi sebanyak 900 data citra yang dapat digunakan 600 untuk data latih yang setiap jenisnya terdapat 100 data latih dan 300 data uji yang setiap jenisnya terdapat 50 data uji dalam penelitian ini. Sehingga dalam pengujian ini didapatkan akurasi sebesar 100% pada klasifikasi K-NN dengan waktu komputasi sebesar 0.967 s dengan menggunakan jenis distance mahalonobis dengan nilai k =1 dan pada klasifikasi SVM didapatkan tingkat akurasi 80.3% dengan waktu komputasi sebesar 1.645 s dengan menggunakan jenis kernel polynomial dengan kelas SVM OAO. Kata Kunci : Sapi, Gray Level Cooccurance Matrix (GLCM), K- Nearest Neighbor (K-NN), Support Vector Machine (SVM)

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

SISTEM KLASIFIKASI JENIS SAPI DENGAN METODE GRAY LEVEL COOCURRENCE MATRIX (GLCM) MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABIL FARAH AQILAH WIJAYA
Perorangan
KOREDIANTO USMAN, SOFIA SAADAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini