ANTENA REKONFIGURASI POLARISASI PATCH SIRKULAR UNTUK 3,5 GHz KOMUNIKASI NIRKABEL

WIDHI ARGO PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.1132
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era generasi kelima (5G) penggunaan teknologi komunikasi nirkabel diprediksi akan semakin meningkat. Salah satu masalah yang dihadapi dalam komunikasi nirkabel yaitu refleksi gelombang yang disebabkan oleh kondisi lingkungan multipath. Refleksi gelombang pada lingkungan multipath menyebabkan menyebabkan gelombang yang diterima oleh penerima memiliki polarisasi dan waktu yang berbeda sehingga komunikasi antara pengirim menuju penerima menjadi tidak efektif. Solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan reconfigurable antenna dengan kemampuan untuk mengubah-ubah polarisasi antena sesuai kebutuhan. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini akan dirancang dan direalisasikan sebuah reconfigurable antenna yang memiliki kemampuan untuk mengubah-ubah polarisasi antena.

Pada penelitian ini dirancang dan direalisasikan sebuah reconfigurable antenna polarisasi menggunakan patch sirkular dengan slot dimana dua buah slot rectangular saling tegak lurus yang yang terletak pada tepi patch sirkular antena ditambahkan untuk membentuk polarisasi sirkular. Untuk melakukan perubahan konfigurasi polarisasi dilakukan dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan switch yang berada pada feedline antena. Antena yang dirancang akan bekerja pada salah satu kandidat frekuensi 5G di Indonesia yaitu pada frekuensi 3,5 GHz. Antena yang dirancang mampu melakukan perubahan polarisasi secara Right Hand Circullar Polarization (RHCP) dan Left Hand Circullar Polarization (LHCP).

Berdasarkan hasil simulasi untuk antena konfigurasi RHCP diperoleh nilai return loss sebesar -16,488 dB dan nilai axial ratio sebesar 2,842 dB. Untuk hasil simulasi antena konfigurasi LHCP diperoleh nilai return loss sebesar -13,4 dB dan nilai axial ratio sebesar 1,996 dB. Sedangkan untuk hasil pengukuran, pada antena konfigurasi RHCP diperoleh nilai return loss sebesar -11,7653 dB dan nilai axial ratio sebesar 1,815 dB. Untuk hasil pengukuran antena konfigurasi LHCP diperoleh nilai return loss sebesar -3,150 dB dan nilai axial ratio sebesar 1,587 dB.

Subjek

Antennas : communication engineering
 

Katalog

ANTENA REKONFIGURASI POLARISASI PATCH SIRKULAR UNTUK 3,5 GHz KOMUNIKASI NIRKABEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDHI ARGO PRATAMA
Perorangan
ALOYSIUS ADYA PRAMUDITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini