ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PROSES MINING PADA AKTIVITAS PENGAJUAN JURNAL OLEH DOSEN (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Universitas Telkom)

SITI NIHAYATUL CHOIRIYAH

Informasi Dasar

22.04.1112
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem informasi i-Gracias adalah sebuah portal akademik yang dibuat untuk melayani berbagai keperluan adalah pimpinan, dosen, mahasiswa, pegawai, dan orang tua/wali mahasiswa Universitas Telkom. Salah satu menu yang ada di i-Gracias pada bagian dosen adalah PPM (Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat). Menu PPM digunakan oleh dosen tetap Universitas Telkom untuk mengajukan jurnal dengan beberapa tipe seperti penelitian, pengabdian masyarakat, serta hak paten dari produk yang diciptakan oleh dosen tersebut. Setiap dosen memiliki record history yang berbeda-beda pada saat melakukan aktivitas di menu PPM. Record data tersebut tersimpan pada sistem informasi berupa event log. Event log dapat dimanfaatkan untuk mengatahui pola aktivitas dosen. Maka dari itu, perlu dilakukan pengolahan data pada event log untuk mengetahui gambaran proses yang ada dan kesesuaian proses. Untuk mengetahui pola dari aktivitas dosen pada pengajuan jurnal di menu PPM aplikasi i-Gracias berdasarkan event log dilakukan menggunakan metode process mining menggunakan algoritma Heuristic Miner. Algoritma Heuristic Miner digunakan karena dapat mengekspresikan kejadian utama yang terekam di dalam event log dengan baik. Data log yang diambil akan dilakukan preprocessing untuk membersihkan data serta melakukan penambahan atribut untuk kemudian diolah pada proses selanjutnya. Proses discovery dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma Heuristic Miner untuk mendapatkan model yang paling sesuai dengan event log untuk kemudian dianalisis dalam proses conformance checking. Proses conformance checking dilakukan analisis berdasarkan aktivitas yang sebenarnya pada event log dengan model yang dihasilkan, sehingga didapatkan informasi mengenai kesesuaian dari model yang dihasilkan dengan behavior pada event log. Dalam proses ini didapatkan hasil nilai fitness 0.903. Nilai ini menunjukkan bahwa model proses dapat memodelkan event log dengan baik. Untuk nilai precision 0.736, dan nilai generalization sebesar 0.979. Dalam penelitian ini juga didapatkan informasi terkait performance activity pada menu PPM dengan menjadikan waiting time sebagai tolak ukur performance dari setiap activity. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa PPM>>Evaluasi Jurnal (21.94 menit), PPM>>Beranda (19.24 menit), PPM>>Penelitian, Publikasi, dan Abdimas (15.86 menit) merupakan aktivitas dengan waiting time tertinggi. Berdasarkan hasil dari penelitian penggunaan algoritma Heuristic Miner dapat diimplementasikan dengan baik dalam melakukan process mining. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model proses dari hasil process mining dapat menggambarkan behavior pada event log. Dengan demikian, disarankan untuk kedepannya dapat melakukan process mining ke masing-masing menu yang ada di i-Gracias untuk mendapatkan model proses terbaik untuk membantu berjalannya proses bisnis yang ada di i-Gracias dengan baik.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PROSES MINING PADA AKTIVITAS PENGAJUAN JURNAL OLEH DOSEN (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NIHAYATUL CHOIRIYAH
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini